PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBUAT MOZAIK MENGGUNAKAN BERBAGAI BAHAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AMONG PUTRO KECAMATAN BERBAH, SLEMAN

Dyah, Kartikawati (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBUAT MOZAIK MENGGUNAKAN BERBAGAI BAHAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AMONG PUTRO KECAMATAN BERBAH, SLEMAN. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membuat mozaik menggunakan berbagai bahan pada anak kelompok B di TK Among Putro Kecamatan Berbah, Sleman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan yang muncul pada diri anak belum mencapai hasil yang optimal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Among Putro sebanyak 20 anak. Objek dalam penelitian ini adalah keterampilan anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan alat bantu observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar skoring pasca observasi dan alat bantu observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membuat mozaik dapat meningkat menggunakan berbagai bahan pada anak kelompok B di TK Among Putro Kecamatan Berbah, Sleman. Adapun keberhasilan tersebut dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Peneliti mengganti media potongan- potongan kertas dengan biji-bijian yang meliputi biji jagung, kedelai, kacang hijau, dan kwaci agar lebih mudah, (2) Guru menjelaskan teknik membuat mozaik lebih diperjelas dengan mendemonstrasikan sampai selesai, (3) Guru memperlihatkan contoh hasil karya yang sudah jadi sehingga anak paham, dan (4) Guru mendampingi dan memotivasi anak. Berdasarkan hasil observasi yaitu kondisi pra tindakan sebesar 30%, siklus I sebesar 70% dengan peningkatan 40% dan pada siklus II sebesar 95% dengan peningkatan 25% sehingga persentase peningkatan keterampilan anak melalui kegiatan membuat mozaik melebihi indikator keberhasilan yaitu 85%. Kata Kunci: keterampilan, membuat mozaik, anak kelompok B.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 02 Jul 2015 01:38
Last Modified: 30 Jan 2019 00:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22055

Actions (login required)

View Item View Item