PENGEMBANGAN KARAKTER KEWARGANEGARAAN DI KALANGAN SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KESENIAN DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA

Lutfia Intan, Verina (2013) PENGEMBANGAN KARAKTER KEWARGANEGARAAN DI KALANGAN SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KESENIAN DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata pengantar.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstraK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PRIN.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Fix.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V sisa.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA PRIN.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui aktivitas kesenian sebagai program pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Yogyakarta, (2) mengetahui pengembangan karakter kewarganegaraan di kalangan siswa melalui program pembelajaran di SMA Negeri 1 Yogyakarta, (3) mengetahui kendala dan hambatan yang dihadapi kegiatan ekstrakurikuler kesenian di SMA Negeri 1 Yogyakarta dalam pengembangan karakter kewarganegaraan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Yogyakarta bulan Juli sampai September 2013. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive. Subjek penelitian ini mencakup Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Yogyakarta, Guru Pendidikan Kewarganegaraan SMA Negeri 1 Yogyakarta, Guru Pembina Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian Teater dan Kasat SMA Negeri 1 Yogyakarta, dan Anggota Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian Teater dan Kasat SMA Negeri 1 Yogyakarta yang berjumlah 4 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan datanya adalah Teknik Triangulasi (Triangulation). Analisis data menggunakan Teknik Induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas kesenian dalam program pembelajaran ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Yogyakarta yang telah direncanakan dan dilaksanakan adalah kegiatan latihan rutin, kegiatan berkala, dan kegiatan insidental atau kegiatan akbar yang dilaksanakan pada waktu-waktu tertentu, (2) Pengembangan karakter kewarganegaraan di kalangan siswa melalui program pembelajaran di SMA Negeri 1 Yogyakarta berkontribusi menanamkan karakter kewarganegaraan secara spesifik antara lain karakter menghargai keberagaman, karakter yang menjunjung persatuan dan kesatuan, karakter harmonis atau menghargai keseimbangan, karakter kreatif, dan karakter cinta tanah air, (3) Kendala dan hambatan yang dihadapi kegiatan ekstrakurikuler kesenian di SMA Negeri 1 Yogyakarta dalam pengembangan karakter kewarganegaraan meliputi keterlibatan pihak luar yakni dari massa yang besar (penonton) dimungkinkan adanya hal-hal yang merusak karakter siswa, kendala waktu yakni hanya mendapatkan waktu sisa dari pembelajaran dikelas-kelas, kendala pembimbing atau pendamping yakni tidak adanya pembimbing khusus, dan kendala pada diri siswa yakni kurangnya keaktifan beberapa anggota ekstrakurikuler. Kata Kunci: Pengembangan, Karakter Kewarganegaraan, Kesenian

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 01 Jul 2015 00:44
Last Modified: 30 Jan 2019 00:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22052

Actions (login required)

View Item View Item