POLA KERJA DAN KONFLIK BURUH (Studi : Pabrik Tapioka CV Menara Di Desa Purwonegoro Kecamatan Purwonegoro Kabupaten Banjarnegara)

Wijianingsih, Melia (2010) POLA KERJA DAN KONFLIK BURUH (Studi : Pabrik Tapioka CV Menara Di Desa Purwonegoro Kecamatan Purwonegoro Kabupaten Banjarnegara). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-MELIA.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berfokus pa da b uruh pa brik T apioka C V Menara d i de sa Purwonegoro K ecamatan P urwonegoro K abupaten B anjarnegara. B uruh pa brik tapioka C V M enara melakukan pola p encucian, p emarutan, penyaringan, pengendapan, p engeringan, pengemasan dan penyimpanan pada ba han ba ku pembuatan t epung t apioka. Mereka b erasal d ari k eluarga yang b erpendapatan rendah dikarenakan f aktor ekonomi ya ng m enjadikan m ereka untuk m enjadi buruh pa brik. Dalam bidang kerja s elalu terdapat ko nflik s osial yang t idak akan pernah lepas dari kegiatan kerja buruh. Penelitian ini bertujuan u ntuk mengetahui pola kerja dan konflik buruh yang ada dalam Pabrik Tapioka CV Menara di Desa Purwonegoro, Kecamatan Purwonegoro, Kabupaten Banjarnegara. Metode p enelitian a dalah d eskriptif k ualiatif. Informan dalam penelitian ini adalah buruh Pabrik Tapioka CV Menara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan o bservasi, w awancara da n do kumentasi yang d ibantu de ngan instrumen pendukung berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik cuplikan yang d igunakan a dalah purposive sampling atau s ampel bertujuan. P engujian keabsahan data/validitas dilakukan dengan teknik triangulasi.Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari empat ko mponen analisis, yaitu p engumpulan data, r eduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian i ni m enunjukkan berbagai m acam pola k erja b uruh pabrik T apioka C V M enara d i d esa P urwonegoro terdapat d ua p ola k erja yang diantaranya pola k erja aw al yaitu p encucian, p emarutan, pe nyaringan, da n perendaman. Sedangkan pola yang kedua adalah pengeringan, pembungkusan dan penyimpanan pada tepung tapioka. konflik yang terlihat dalam po la kerja adalah konflik pada pola kerja akhir. Konflik kerja tersebut terdapat pada konflik internal dan konflik exsternal. Kata Kunci: Pola kerja dan Konflik sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 01 Jul 2015 00:57
Last Modified: 30 Jan 2019 00:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22049

Actions (login required)

View Item View Item