KEBIJAKAN PEMERINTAH KABUPATEN MUARA ENIM SUMATERA SELATAN DALAM PELAYANAN PUBLIK BIDANG KESEHATAN (Studi Kasus terhadap Pengguna Jamkesmas di RSUD Dr. H. Muhammad Rabain)

AGUS WINARNI, EKA (2012) KEBIJAKAN PEMERINTAH KABUPATEN MUARA ENIM SUMATERA SELATAN DALAM PELAYANAN PUBLIK BIDANG KESEHATAN (Studi Kasus terhadap Pengguna Jamkesmas di RSUD Dr. H. Muhammad Rabain). S1 thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: [1] Kebijakan Pemerintah Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan dalam memberikan pelayanan publik bidang kesehatan terhadap masyarakat pengguna Jamkesmas, [2] Kendala-kendala yang dihadapi Pemerintah Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan terhadap pengguna Jamkesmas di RSUD Dr. H. Muhammad Rabain, [3] Upaya-upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan untuk mengatasi kendala terhadap pengguna Jamkesmas di RSUD Dr. H. Muhammad Rabain. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan purposive. Subjek penelitian ini adalah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim, Direktur RSUD Dr. H. Muhammad Rabain, Kepala Bidang Pelayanan Medik, Kepala Bidang Keperawatan, dan peserta pengguna Jamkesmas. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara analisis induktif yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa [1] Kebijakan Pemerintah Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan dalam memberikan pelayanan publik bidang kesehatan terhadap masyarakat pengguna Jamkesmas belum berjalan sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan No. 903/MENKES/PER/V/2011 tentang pedoman pelaksanaan Jamkesmas terutama yang meliputi : a. Prosedur tata cara pelaksanaan Jamkesmas; b. Standar pelayanan yang diberikan oleh program Jamkesmas tersebut. [2] Kendala-kendala yang dihadapi Pemerintah Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan terhadap pengguna Jamkesmas di RSUD Dr. H. Muhammad Rabain meliputi: a. Sosialisasi yang belum optimal; b. Pendataan Jamkesmas belum akurat; c. Keterlambatan dalam penanganan terhadap pengguna Jamkesmas di RSUD Dr. H. Muhammad Rabain d. Masih ada pasien yang mengeluarkan biaya untuk berobat. [3] Upaya-upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan untuk mengatasi kendala terhadap pengguna Jamkesmas di RSUD Dr. H. Muhammad Rabain adalah: a.Mensosialisasikan proses penggunaan kartu Jamkesmas dan pelaksanaan pelayaanan kesehatan Jamkesmas di RSUD Dr. H. Muhammad Rabain sampai ke masyarakat pendukuhan; b. Keakuratan pendataan Jamkesmas; c. Mempermudah penanganan bagi pasien Jamkesmas di RSUD Dr. H. Muhammad Rabain; d.Pemeriksaan dana Jamkesmas agar tidak ada pasien yang membayar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 01 Jul 2015 00:44
Last Modified: 01 Jul 2015 00:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22048

Actions (login required)

View Item View Item