PENGARUH BERPIKIR KRITIS, KECAKAPAN SOSIAL, DAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF TERHADAP MOTIVASI BERTECHNOPRENEURSHIP SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 3 WONOSARI

Abdulah, Indra Mustafa (2015) PENGARUH BERPIKIR KRITIS, KECAKAPAN SOSIAL, DAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF TERHADAP MOTIVASI BERTECHNOPRENEURSHIP SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 3 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Abdulah Indra 09501244007.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

PENGARUH BERPIKIR KRITIS, KECAKAPAN SOSIAL, DAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF TERHADAP MOTIVASI BERTECHNOPRENEURSHIP SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 3 WONOSARI Oleh: Abdulah Indra Mustafa NIM. 09501244007 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh berpikir kritis terhadap motivasi bertechnopreneurship, (2) pengaruh kecakapan sosial terhadap motivasi bertechnopreneurship, (3) pengaruh kemampuan metakognitif terhadap motivasi bertechnopreneurship, (4) pengaruh berpikir kritis, kecakapan sosial dan kemampuan metakognitif secara bersama-sama terhadap motivasi bertechnopreneurship siswa kelas XII Program Keahlian Elektronika Industri SMK Negeri 3 Wonosari. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan ex-post facto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 3 Wonosari dengan populasi sebanyak 119 siswa dan sampel sebanyak 92 siswa yang diperoleh melalui teknik propotioal random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu berpikir kritis (X1), kecakapan sosial (X2), dan kemampuan metakognitif (X3). Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu motivasi bertechnopreneurship (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner model angket tertutup dengan skala Likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear ganda. Pengujian signifikansi koefisien korelasi secara individu dilakukan dengan uji-t, sedangkan secara simultan menggunakan uji-F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara berpikir kritis terhadap motivasi bertechnopreneurship yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,369 dan kontribusi sebesar 13,6%, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kecakapan sosial terhadap motivasi bertechnopreneurship yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,366 dan kontribusi sebesar 13,4%, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan metakognitif terhadap motivasi bertechnopreneurship yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,445 dan kontribusi sebesar 19,8%, (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara berpikir kritis, kecakapan sosial dan kemampuan metakognitif terhadap motivasi bertechnopreneurship siswa siswa kelas XII Program Keahlian Elektronika Industri SMK Negeri 3 Wonosari yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,475 dan kontribusi sebesar 22,5%. Kata kunci: berpikir kritis, kecakapan sosial, kemampuan metakognitif, motivasi bertechnopreneurship.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 30 Jun 2015 02:35
Last Modified: 30 Jun 2015 02:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22044

Actions (login required)

View Item View Item