HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBIMBING ORANGTUA DALAM BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1 – 20 ANAK KELOMPOK B BERDASARKAN LATAR BELAKANG PEKERJAAN ORANGTUA

Reza Edwin, Sulistyaningtyas (2015) HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBIMBING ORANGTUA DALAM BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1 – 20 ANAK KELOMPOK B BERDASARKAN LATAR BELAKANG PEKERJAAN ORANGTUA. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
Reza Edwin S_11111244029.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan membimbing orangtua dalam belajar terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 kelompok B berdasarkan latar belakang pekerjaan orangtua di TK Gugus II Kecamatan Piyungan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Subjek penelitian ini adalah 60 anak dan 60 orangtua dengan 6 jenis pekerjaan yaitu buruh, karyawan swasta, pedagang, petani, PNS, dan Wirausaha. Variabel penelitian ini adalah kemampuan membimbing orangtua terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 berdasarkan latar belakang pekerjaan orangtua. Seting penelitian mengambil tempat TK Gugus II di Kecamatan Piyungan. Instrumen penelitian menggunakan angket dan observasi. Metode untuk menganalisis korelasi kemampuan membimbing terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 berdasarkan latar belakang pekerjaan orangtua adalah Korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan kemampuan membimbing orangtua terhadap kemampuan anak mengenal lambang bilangan 1-20 berdasarkan latar belakang pekerjaan orangtua dengan koefisien korelasi berada pada interval 0.6 – 0.8 yang berarti hubungan cukup dan 0.8-1.0 yang berarti hubungan tinggi. Korelasi tertinggi ditunjukkan pada petani (0.880), diikuti wirausaha (0,858), karyawan swasta (0.844), buruh (0.821), pedagang (0.752), dan PNS (0.683). Dengan demikian apapun pekerjaan orangtua harus membimbing anak mengenal lambang bilangan. Kata Kunci : orangtua, membimbing, lambang bilangan, anak kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 30 Jun 2015 02:32
Last Modified: 30 Jan 2019 00:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22043

Actions (login required)

View Item View Item