PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI PENDIDIKAN POLITIK DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN KULON PROGO

Lensa Reza, Satria (2014) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI PENDIDIKAN POLITIK DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
1 Halaman Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 Abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB I.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 BAB II.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 BAB III.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 Bab IV.pdf

Download (770kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 BAB V dan Daftar Pustaka.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Guru PKn dalam menerapkan pembelajaran PKn sebagai pendidikan politik secara demokratis di sekolah; 2) Cara guru PKn mengembangkan pembelajaran PKn sebagai pendidikan politik di luar jam pelajaran PKn; 3) Kendala yang dialami guru dalam pembelajaran PKn sebagai pendidikan politik secara demokratis. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian guru di SMA N 1 Pengasih, SMA N 1 Sentolo, SMA N 1 Galur, SMA N 1 Lendah, SMA N 1 Wates, SMA N 2 Wates, SMA N 1 Temon, SMA N 1 Kokap, SMA N 1 Kalibawang, SMA N 1 Samigaluh, SMA N 1 Girimulyo. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis menggunakan: Reduksi data, Unitisasi dan Kategorisasi, Display data, Kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Penerapan pembelajaran PKn sebagai pendidikan politik di SMA Negeri Se-Kabupaten Kulon Progo adalah dengan cara guru menanamkan penghayatan nilai-nilai politik dan tatacara politik dengan didasarkan hak dan kewajiban yang bertanggung jawab, bahwa seluruh element lapisan masyarakat terlibat dalam sistem politik, tidak terkecuali siswa agar nantinya tercipta sebuah paradigma baru, cara berpikir baru yang akhirnya membuat budaya politik baru. 2) Dari beragam usaha pengembangan yang dilakukan guru untuk melakukan pembelajaran PKn sebagai pendidikan politik disimpulkan bahwa guru dalam melakukan pengembangan Pembelajaran PKn sebagai Pendidikan Politik adalah dengan mengembangkan praktek siswa, bagamana cara siswa melaksanakan hak, kewajiban dan tanggung jawab didalam pembelajaran, guru mendidik siswa menempatkan dirinya, guru memberikan pengarahan bagaimana siswa dalam menentukan kepengurusan kelas dan bagaimana mengatasi masalah yang timbul didalam pembelajaran di kelas, guru juga mengarahkan bagaimana siswa bersikap didalam lingkungan sekolah. 3) Dari banyaknya kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan pembelajaran PKn sebagai Pendidikan Politik secara demokratis dapat disimpulkan bahwa kendalanya dikategorikan menjadi dua kategori, yaitu kendala dari luar dan kendala dari dalam, kendala yang didapati dari dalam adalah keadaan siswa dan kondisi guru, kendala dari luar adalah lingkungan dan fasilitas belajar. Kata Kunci: Pembelajaran, Pendidikan Kewarganegaraan, pendidikan politik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 01 Jul 2015 00:43
Last Modified: 30 Jan 2019 00:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22040

Actions (login required)

View Item View Item