PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENERAPAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 WATES KULON PROGO

AFITRISNADI, DONI (2012) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENERAPAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 WATES KULON PROGO. S1 thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL.

[img]
Preview
Text
Doni.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar belajar PKn kelas X SMA Negeri 2 Wates melalui penerapan metode Student Team Achievement Division (STAD). Diharapkan setelah penelitian tindakan ini adanya peningkatan motivasi dan prestasi belajar PKn siswa kelas X SMA Negeri 2 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek yang diambil peneliti adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Wates yang motivasi dan prestasi belajar PKn nya masih rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan, tes dan dokumentasi. Untuk menganalisis data dari hasil pengamatan digunakan teknik dianalisis deskriptif. Dalam teknik menganalisis data hasil belajar digunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1)penerapan metode STAD pada pembelajaran PKn dapat meningkatkan motivasi belajar,(2) penerapan metode STAD pada pembelajaran PKn dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar siswa dilihat dari peningkatan pada setiap pertemuan. Pada pertemuan pertama 50% siswa yang keaktifan dan kerjasama masih kurang baik berkurang menjadi 10% pada pertemuan ketiga. Pada pertemuan pertama 50% siswa yang keaktifan dan kerjasama baik dan sangat baik mengalami peningkatan menjadi menjadi 90% pada pertemuan ketiga. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata Siklus 1 adalah 88 sedangkan nilai rata-rata sebelum tindakan adalah 73. Jadi kemampuan prestasi belajar mengalami peningkatan dan tercapainya taraf ketuntasan belajar, yaitu minimal 75.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 01 Jul 2015 00:43
Last Modified: 01 Jul 2015 00:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22039

Actions (login required)

View Item View Item