KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PENGUKURAN KOMPONEN ELEKTRONIK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 PLERET

Rahman, Dwi Saputro (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PENGUKURAN KOMPONEN ELEKTRONIK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 PLERET. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
10501244011 Rahman Dwi Saputro.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PENGUKURAN KOMPONEN ELEKTRONIK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 PLERET Oleh: Rahman Dwi Saputro NIM. 10501244011 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa aspek kognitif pada pencapaian kompetensi pengukuran komponen elektronik kelas X yang mengikuti pembelajaran dengan model Project Based Learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa aspek afektif pada pencapaian kompetensi pengukuran komponen elektronik kelas X yang mengikuti pembelajaran dengan model Project Based Learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, dan (3) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa aspek psikomotorik pada pencapaian kompetensi pengukuran komponen elektronik kelas X yang mengikuti pembelajaran dengan model Project Based Learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian TITL SMK Negeri 1 Pleret. Jumlah populasi sebanyak 96 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 64 siswa. Teknik Pengambilan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa aspek kognitif pada pencapaian kompetensi pengukuran komponen elektronik antara kelas X yang mengikuti pembelajaran dengan model Project Based Learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional (thitung=4,110>ttabel 1998; sig=0,000), rata-rata kognitif kelas kontrol = 66,875 sedangkan kelas eksperimen = 76,375, (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa aspek afektif pada pencapaian kompetensi pengukuran komponen elektronik antara kelas X yang mengikuti pembelajaran dengan model Project Based Learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional (thitung=4,023>ttabel 1998; sig=0,000), rata-rata afektif kelas kontrol = 71,328 sedangkan kelas eksperimen = 80,547, (3) terdapat perbedaan hasil belajar siswa aspek psikomotorik pada pencapaian kompetensi pengukuran komponen elektronik antara kelas X yang mengikuti pembelajaran dengan model Project Based Learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional (thitung=2,421>ttabel 1998; sig=0,000), rata-rata psikomotorik kelas kontrol = 75,398 sedangkan kelas eksperimen = 79,986. Kata Kunci: kompetensi, Project Based Learning, dan pengukuran komponen elektronik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 30 Jun 2015 02:04
Last Modified: 30 Jan 2019 00:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22026

Actions (login required)

View Item View Item