PERSEPSI KELAYENSUBSIDI SILANG TERHADAP PERGESERAN FUNGSI KELUARGA AKIBAT PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA (Studi Kasus di Panti Sosial Tresna Werdha Yogyakarta Unit Abiyoso Pakem)

Widyawati, Nena (2011) PERSEPSI KELAYENSUBSIDI SILANG TERHADAP PERGESERAN FUNGSI KELUARGA AKIBAT PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA (Studi Kasus di Panti Sosial Tresna Werdha Yogyakarta Unit Abiyoso Pakem). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
PERSEPSI KELAYEN.pdf

Download (633kB) | Preview

Abstract

Seiring perkembangan zaman, perubahan sosial budaya dan modernisasi telah membawa perubahan yang mengakibatkan pergeseran fungsi keluarga dan memberikan dampak pada para lanjut usia yang masih memiliki keluarga namun tinggal di panti werdha. Keadaan ini menimbulkan persepsi bagi kelayensubsidi silang dalam memberikan penilaian terhadap pergeseran fungsi keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan kelayen subsidi silang tinggal di PSTW Abiyoso dan untuk mendeskripsikan persepsi kelayen subsidi silang terhadap pergeseran fungsi keluarga akibat perubahan sosial budaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data utama terdiri dari kelayen subsidi silang, keluarga kelayen, dan pengurus panti. Sumber data sekunder diperoleh melalui arsip atau dokumen PSTW. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan untuk menentukan subjek penelitian adalah dengan teknik purposive sampling. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, metode, dan teori serta pemeriksaan sejawat melaluidiskusi. Tahap analisis data menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan faktor penyebab kelayensubsidi silang tinggal di PSTW Abiyoso adalah karena ketidaksediaan keluarga untuk merawat lanjut usia. Modernisasi menjadi salah satu jalan berubahnya sikap dan sifat dalam diri individu, seperti yang terjadi pada masyarakat di Indonesia dewasa ini. Disorganisasi yang terjadi pada keluarga kelayen subsidi silang mengakibatkan bergesernya fungsi-fungsi keluarga. Aktivitas yang terjadi sepenuhnya tidak lagi dijalankan oleh keluarga karena sekarang ini negara telah ikut andil dalam pemenuhan fungsi keluarga. Perubahan yang terjadi dalam aturan-aturan keluarga atau disorganisasi keluarga memunculkan suatu persepsi dari kelayen dalam memandang pergeseran fungsi keluarganya. Kelayen menyatakan bahwa keluargalah yang seharusnya merawat mereka di masa-masa tuanya. Namun karena keadaan yang ada tidak seperti yang mereka harapkan, akhirnya mereka harus menerimanya untuk tinggal jauh dari keluarga.Ada juga beberapa informan yang menyatakan untuk tidak ingin kembali bersama keluarga karena kecewa dengan sikap mereka yang mengacuhkannya. Perubahan yang terjadi dapat dikatakan buruk karena tidak sesuai dengan nilai dan norma yang telah ada. Kata kunci: Persepsi, fungsi keluarga, dan kelayen.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 01 Jul 2015 00:53
Last Modified: 30 Jan 2019 00:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22017

Actions (login required)

View Item View Item