PENERAPAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 1 MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA III TAHUN AJARAN 2011/2012

Utami, Reni (2011) PENERAPAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 1 MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA III TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_RENI.pdf

Download (48MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran sosiologi ini adalah bersifat monoton dan rendahnya partisipasi siswa dalam belajar. Oleh karena itu perlu adanya upaya untuk meningkatkan partisipasi siswa, salah satunya dengan penerapan metode pembelajaran dalam proses pembelajaran sosiologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana metode sosio drama dapat meningkatkan partisipasi siswa dan untuk mengetahui juga kendala-kendala yang sering dihadapi dalam pembelajaran khususnya pembelajaran sosiologi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Model Spiral dari Kemmis dan Taggert yang dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah kelas XI IPS 1 MAN Yogyakarta III yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi : (a) analisis Kualitatif yang menonjolkan hal-hal pokok berkaitan dengan masalah penelitian, (b) analisis Kuantitatif untuk menghitung partisipasi siswa yaitu memberikan, menjumlahkan, mempresentasekan skor pada setiap aspek-aspek yang diamati melalui observasi/pengamatan langsung. Pelaksanaan metode sosio drama dilakukan dengan cara sebagai berikut, (1) siklus I menggunakan penjelasan guru mengenai metode sosio drama dengan materi konflik sosial, (2) siklus II m enggunakan Diskusi kelompok untuk membuat naskah drama, dan (3) siklus III menggunakan diskusi kelompok disertai penjelasan guru dan rangkuman para siswa serta membuat naskah drama dari hasil rangkuman tersebut dan menjabarkannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan metode sosio drama dapat meningkatkan partisipasi siswa kelas XI IPS 1 MAN Yogyakarta III. Hasil siklus I adalah 55,55% (56%), siklus II meningkat menjadi 88,88% (89%), dan siklus III meningkat menjadi 100%. Kendala yang dihadapi pada awal penerapan metode sosio drama adalah masih terdapat siswa yang mengalami kesulitan dalam menentukan alokasi waktu untuk menampilkan sebuah drama. Kata Kunci : Metode Sosiodrama, Partisipasi siswa, Pembelajaran Sosiologi, MAN Yogyakarta III.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 01 Jul 2015 00:52
Last Modified: 30 Jan 2019 00:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22007

Actions (login required)

View Item View Item