PENERAPAN TEKNIK NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 IMOGIRI

Riyanto, Tri Usnu (2011) PENERAPAN TEKNIK NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 IMOGIRI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full Geo 07405241038 Tri Usnu Riyanto.swf - Accepted Version

Download (2MB)
[img] Text (FIS Digital)
Skripsi Full Geo 07405241038 Tri Usnu Riyanto.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar geografi melalui penerapan teknik Numbered Heads Together dan mendapatkan bukti peningkatan hasil belajar geografi setelah siswa belajar dengan teknik Numbered Heads Together di SMA Negeri 1 Imogiri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pelaksana tindakan adalah kolaborator yaitu guru Geografi SMA Negeri 1 Imogiri, sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas X3 sebanyak 33 siswa, dan peneliti sebagai observer. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan pembelajaran geografi berlangsung dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan guru, wawancara dengan siswa dan guru, dan tes hasil belajar. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi, pedoman wawancara, dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran mulai dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yang meliputi aktivitas mendengarkan/memperhatikan penjelasan dari guru, mencatat materi, bertanya kepada guru, menjawab pertanyaan dari guru, partisipasi dalam diskusi kelompok, membantu teman yang mengalami kesulitan, dan presentasi hasil diskusi kelompok. Aktivitas siswa dan guru semakin meningkat dari siklus I sampai dengan siklus II. Upaya untuk meningkatkan hasil belajar geografi melalui teknik Numbered Heads Together dilaksanakan dengan baik dan ditunjukkan melalui semua komponen atau karakteristik Numbered Heads Together selama pembelajaran yang meliputi pengelolaan kelas dan kerja sama siswa. Bukti peningkatan hasil belajar ditunjukkan oleh peningkatan aktivitas siswa dan nilai rata-rata tes siswa pada setiap akhir siklus. Nilai rata-rata pada siklus I yaitu 73,33 meningkat menjadi 75,45 pada siklus II. Dengan demikian teknik pembelajaran Numbered Heads Together dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar geografi. Kata kunci: Numbered Heads Together, Penelitian Tindakan Kelas, hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 30 Jun 2015 01:34
Last Modified: 30 Jan 2019 00:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22006

Actions (login required)

View Item View Item