PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMANFAATA HUTAN KEMASYARAKATAN SECARA LESTARI DI DUSUN UBAH DESA PAHAUMAN KECAMATAN SENGAH TEMILA KABUPATEN LANDAK KALIMANTAN BARAT

JUNAEDI, . (2010) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMANFAATA HUTAN KEMASYARAKATAN SECARA LESTARI DI DUSUN UBAH DESA PAHAUMAN KECAMATAN SENGAH TEMILA KABUPATEN LANDAK KALIMANTAN BARAT. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full Geo 06405249003 JUNAEDI.swf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] Text (FIS Digital)
Skripsi Full Geo 06405249003 JUNAEDI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui aktivitas masyarakat dalam pemanfaatan hutan; (2) untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung aktivitas masyarakat dalam pemanfaatan hutan; (3) untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakat setempat dalam aktivitas pemanfaatan hutan secara lestari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah kepala keluarga yang ada di Dusun Ubah. Sampel dalam penelitian berjumlah 45 kepala keluarga atau 30 persen dari jumlah populasi sebanyak 149. Teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik Systematic Random Sampling (sampel acak sistematis). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data statistik deskriptif, yaitu analisis yang mencoba menjelaskan dan menggambarkan pelaksanaan, partisipasi serta kendala yang dihadapi oleh masyarakat dalam pelestarian hutan berdasarkan data-data yang ada. Data-data dalam penelitian ini ditampilkan melalui tabel-tabel frekuensi yang disajikan dalam persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa masyarakat memanfaatkan hutan yang ada untuk aktivitas pertanian, perkebunan, dan kehutanan. Pemanfaatan hutan setempat mendapat dukungan yang besar dari keluarga sendiri. Kendala-kendala seperti masalah biaya, cuaca, curah hujan yang terlalu tinggi, hama, serta tanah yang kurang subur merupakan faktor penghambat dalam pemanfaatan hutan secara lestari. Hasil yang diambil dari pemanfaatan hutan untuk hasil pertanian berupa bahan makanan seperti: sayur-sayuran, jagung, singkong, kacang tanah dan padi. Hasil perkebunan yang diambil seperti: karet, buah-buahan seperti: durian, langsat, tengkawang, rambutan, mentawai, dan palutan. Hasil hutan yang diambil seperti: kayu Madang, Empedu, kayu Ulin, Meranti, Akasia, Mahoni, dan Sungkai. Partisipasi masyarakat dalam pemanfaatan hutan memiliki tingkat partisipasi tinggi. Nilai tersebut diperoleh dari nilai rerata dalam setiap pertanyaan yang diberikan skor.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 30 Jun 2015 01:30
Last Modified: 30 Jan 2019 00:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22002

Actions (login required)

View Item View Item