PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN TAHAP-TAHAP PROSES PENCATATAN TRANSAKSI PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS X AK 2 SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Fahmi Nur Azis, Fahmi (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN TAHAP-TAHAP PROSES PENCATATAN TRANSAKSI PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS X AK 2 SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Fahmi Nur Azis. (2015). Skripsi. Pendidikan Akuntansi..pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi pada Kompetensi Dasar Menjelaskan Tahap-Tahap Proses Pencatatan Transaksi Perusahaan Jasa melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) pada siswa kelas X AK 2 SMK Negeri 1 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan siklus I sebanyak 2 kali pertemuan dan siklus II sebanyak 2 kali pertemuan. Tiap siklus terdiri dari empat rencana tindakan yaitu: perencanaan (plan), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Kompetensi Dasar yang dipilih yaitu Menjelaskan Tahap-Tahap Proses Pencatatan Transaksi Perusahaan Jasa dengan model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI). Subjek penelitian adalah kelas X AK 2 SMK Negeri 1 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan tes, sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah catatan lapangan dan tes. Analisis data yang digunakan adalah penilaian Hasil Belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan pada rata-rata nila pre test dan post test siklus I mengalami peningkatan sebesar 35,74 atau 47,67 menjadi 83,41. Sementara itu pada rata-rata nilai pre test siklus II sebesar 84,11 pada post test siklus II sebesar 91,67 atau meningkat sebesar 7,56. Sementara itu pada ketuntasan hasil belajar siklus I terdapat 23 dari 27 atau 85,18% yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Pada siklus II meningkat sejumlah 96,30% siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 02 Jul 2015 01:38
Last Modified: 30 Jan 2019 00:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22001

Actions (login required)

View Item View Item