IMPLEMENTASI TEKNIK PEMBELAJARAN PEMETAAN PIKIRAN (MIND MAPPING) PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI 2 SMK KOPERASI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Dwinda Rini Septiana, Dwinda (2015) IMPLEMENTASI TEKNIK PEMBELAJARAN PEMETAAN PIKIRAN (MIND MAPPING) PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI 2 SMK KOPERASI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi pada mata pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan melalui Implementasi Teknik Pembelajaran Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) pada siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015 dan untuk mengetahui respon siswa terhadap Implementasi Teknik Pembelajaran Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) Pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi 2 SMK KOPERASI Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Tiap siklus terdiri dari empat rencana tindakan yaitu: perencanaan (plan), tindakan (action), pengamatan (observation), refleksi (reflection). Mata Pelajaran yang dipilih yaitu Pengantar Akuntansi dan Keuangan dengan Teknik Pembelajaran Pemetaan Pikiran (Mind Mapping). Subjek penelitian kelas XI Akuntansi 2 SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 21 siswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Obervasi, Tes Prestasi Belajar, Angket, dan Dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Tes, Angket Siswa, dan Catatan Lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Teknik Pembelajaran Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hasil ini ditunjukkan pada rata-rata nilai dari siklus I ke siklus II. Siklus I terjadi peningkatan rata-rata siswa yaitu sebesar 27,10, dari rata-rata pre test sebesar 40,60 menjadi 67,70 pada saat post test. Siklus II terjadi peningkatan rata-rata siswa yaitu sebesar 43,59, dari rata-rata pre test sebesar 36,22 menjadi 80,11 pada saat post test. Sedangkan dari segi ketuntasan belajar terjadi peningkatan ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 55 % dari jumlah siswa yang tuntas KKM pada saat pre test sebanyak 0 siswa menjadi 11 (55%) siswa tuntas KKM pada saat post test. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 83,33 % dari jumlah siswa yang tuntas KKM pada saat pre test sebanyak 0 siswa menjadi 15 (83,33%) siswa tuntas KKM pada saat post test. Sehingga dapat disimpulkan terjadi peningkatan Ketuntasan Belajar sebesar 28,33% dari awalnya 55% di siklus I menjadi 83,33% di siklus II. Hasil respon menunjukkan bahwa respon siswa pada siklus I dan siklus II menunjukkan respon yang baik karena rata-rata skor yang diperoleh pada masing-masing indikator masuk dalam rentang 71% ≤ X ≤ 85% dengan kategori respon tergolong baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 02 Jul 2015 01:38
Last Modified: 30 Jan 2019 00:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22000

Actions (login required)

View Item View Item