Reza Zakaria, Reza (2015) THE IMPLEMENTATION OF COOPERATIVE LEARNING MODEL TYPE TWO STAY TWO STRAY TO INCREASE STUDENTS’ LEARNING ACTIVITY IN ACCOUNTING CLASS XII AK 2 SMK NEGERI 1 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.
|
Text
SKRIPSI_REZA ZAKARIA_10418244012.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar akuntansi siswa kelas XII Ak 2 SMK Negeri 1 Klaten tahun pelajaran 2014/2015 dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, catatan lapangan, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase dan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa kelas XII Ak 2 SMK Negeri 1 Klaten tahun pelajaran 2014/2015. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan skor aktivitas belajar siswa dari siklus 1 sebesar 49,55% meningkat menjadi 80,09% pada siklus 2. Berdasarkan lembar angket dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 63,50% sebelum penerapan menjadi 78,09% setelah penerapan TSTS. Hal tersebut dapat diuraikan pada setiap aspek yang di observasi, membaca materi pelajaran pada siklus 1 sebesar 47,50% menjadi 85,63% pada siklus 2. Mencatat materi pelajaran sebesar 52,50% pada siklus 1 menjadi 76,25% pada siklus 2. Pada aspek melakukan diskusi sebesar 53,13% pada siklus 1 menjadi 80,00% pada siklus 2. Pada aspek menjawab pertanyaan guru maupun siswa lain meningkat dari 51,25% pada siklus 1 menjadi 83,13% pada siklus 2. Pada aspek mengerjakan soal meningkat dari 44,38% menjadi 80,63%. Pada aspek menanggapi pendapat siswa lain meningkat dari 46,88% pada siklus 1 menjadi 78,75% pada siklus 2. Pada aspek mengerjakan kuis meningkat dari 51,25% menjadi 77,50% pada siklus 2.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi |
Depositing User: | Admin Akuntansi FE |
Date Deposited: | 02 Jul 2015 01:38 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 00:21 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21999 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |