PERSEPSI GURU PEMBIMBING TERHADAP PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN MAHASISWA FISE UNY DI SMA SEKABUPATEN KLATEN TAHUN 2010

RIZANITA, . (2011) PERSEPSI GURU PEMBIMBING TERHADAP PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN MAHASISWA FISE UNY DI SMA SEKABUPATEN KLATEN TAHUN 2010. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full Geo 06405244031 RIZANITA.swf - Accepted Version

Download (10MB)
[img] Text
Skripsi Full Geo 06405244031 RIZANITA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru pembimbing terhadap pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan mahasiswa FISE UNY di SMA se-Kabupaten Klaten tahun 2010, dilihat dari aspek: (1) Perencanaan Pembelajaran; (2) Keterampilan Membuka Pelajaran; (3) Penyampaian Materi Pelajaran; (4) Interaksi Pembelajaran di Kelas; (5) Penggunaan Bahasa, Penampilan Gerak dan Waktu; (6) Keterampilan Menutup Pelajaran; (7) Evaluasi Pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jumlah populasi enam belas guru pembimbing PPL mahasiswa FISE UNY tahun 2010. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru pembimbing memiliki persepsi terhadap pelaksanaan PPL secara keseluruhan yang mencakup, sebagai berikut: (1) Perencanaan Pembelajaran; (2) Keterampilan Membuka Pelajaran; (3) Penyampaian Materi Pelajaran; (4) Interaksi Pembelajaran di Kelas; (5) Penggunaan Bahasa, Penampilan Gerak, dan Waktu; (6) Keterampilan Menutup Pelajaran; (7) Evaluasi Pembelajaran dan dilihat dari segi perjurusan serta bidang studi masing-masing, yang termaksud dalam kategori sangat setuju dengan persentase 18,75 persen dari bidang studi sosiologi, geografi; kategori setuju dengan persentase 31,25 persen dari bidang studi sejarah, geografi; kategori ragu-ragu dengan persentase 37,5 persen dari bidang studi sosiologi, ekonomi, akuntansi, sejarah; kategori tidak setuju dengan persentase 6,25 persen dari bidang studi ekonomi; dan kategori sangat tidak setuju dengan persentase 6,25 persen dari bidang studi geografi. Kata kunci: Pelaksanaan PPL, Persepsi guru pembimbing.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 30 Jun 2015 01:26
Last Modified: 30 Jan 2019 00:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21998

Actions (login required)

View Item View Item