PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBENTUK MODUL PEMBELAJARAN DIGITAL UNTUK SISWA SMK NEGERI 1 BANTUL KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI PADA MATERI POKOK AKUNTANSI UTANG

Nina Risnawati, Nina (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBENTUK MODUL PEMBELAJARAN DIGITAL UNTUK SISWA SMK NEGERI 1 BANTUL KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI PADA MATERI POKOK AKUNTANSI UTANG. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.Nina Risnawati.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media pembelajaran berbentuk modul pembelajaran digital pada materi pokok Akuntansi Utang untuk siswa kelas XI jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Bantul, dan 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbentuk modul pembelajaran digital pada materi pokok Akuntansi Utang. Penilaian kelayakan media pembelajaran ditinjau dari 5 tahapan penilaian, diantaranya: penilaian ahli materi, penilaian ahli media, siswa pada uji coba perorangan, siswa pada uji coba kelompok kecil, dan siswa pada uji coba lapangan. Penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Bantul kelas XI Jurusan Akuntansi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner skala 4. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui kelayakan media modul digital adalah secara deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan media pembelajaran modul digital Akuntansi Utang dilakukan dengan 1) analisis kebutuhan, 2) perencanaan, 3) pembuatan produk, 4) uji coba dan evaluasi, dan 5) produk akhir dan penyebaran. Kelayakan media dihitung dari persentase kelayakan. Penilaian ahli materi Sangat Layak (90,81%) dan Sangat Baik. Hasil penilaian ahli media Sangat Layak (73,38%) dan Baik. Hasil penilaian siswa pada uji coba perorangan Sangat Layak (96,48%) dan Sangat Baik. Hasil penilaian siswa pada uji coba kelompok kecil Sangat Layak (92,07%) dan Sangat Baik. Hasil penilaian siswa pada uji coba lapangan Sangat Layak (92,77%) dan Sangat Baik. Berdasarkan hasil penilaian dari kelima tahapan tersebut, maka media pembelajaran modul digital dinyatakan Sangat Layak (89,10%) untuk digunakan dalam pembelajaran Akuntansi pada materi pokok Akuntansi Utang untuk siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 02 Jul 2015 01:34
Last Modified: 30 Jan 2019 00:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21987

Actions (login required)

View Item View Item