ANALISIS PERKEMBANGAN PERUBAHAN BUDAYA MASYARAKAT KOTA JAMBI DAN PENGEMBANGAN POLA PEREKONOMIAN MASYARAKAT BERBASIS EKONOMI KREATIF

Muslim, Fachruddiansyah (2015) ANALISIS PERKEMBANGAN PERUBAHAN BUDAYA MASYARAKAT KOTA JAMBI DAN PENGEMBANGAN POLA PEREKONOMIAN MASYARAKAT BERBASIS EKONOMI KREATIF. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY "Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA".

[img]
Preview
Text
70 Fachruddiansyah Muslim.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Terjadinya asimilasi antara kebudayaan tua di provinsi Jambi dengan hadirnya kebudayaan baru menjadikan pergeseran nilai-nilai kebudayaan itu sendiri. Mata pencaharian masyarakat Jambi adalah bertani, berjualan, panen getah dan melaut. Melalui kebijakan pemerintah pusat pengembangan ekonomi kreatif dapat diterapkan dan berdampingan dengan nilai-nilai budaya, yang mana masyarakat kota Jambi memiliki banyak potensi budaya yang dapat dikembangkan, potensi ini harus bersentuhan dengan industri kreatif, dalam rangka mempertahankan kebudayaan ekonomi masyarakat dari isu ekonomi global yang telah merambah di berbagai level kehidupan. Pengembangan ekonomi maju dan kuat harus disertakan dengan ide kreatif dalam segala bentuk pengembangan nilai-nilai kebudayaan, mengingat kreativitas manusia mampu menciptakan budaya, dan dengan kreativitas pula manusia mampu mempertahankan kebudayaannya. Dan salah satu bentuk kebudayaan yang kuat harus disertai dengan lahirnya ekonomi kreatif yang berbasis pada kebudayaan, dan kebudayaan yang kuat mampu berdampingan dengan kebudayaan lain dalam kurun waktu yang lama.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 02 Jul 2015 01:33
Last Modified: 03 Jul 2015 00:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21984

Actions (login required)

View Item View Item