PENGGUNAAN MODEL PROBIT UNTUK MELAKUKAN PERAMALAN PENCAPAIAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH KUANTITATIF

Nurseto, Tejo and Suprayitno, Bambang and Mustofa, Mustofa (2015) PENGGUNAAN MODEL PROBIT UNTUK MELAKUKAN PERAMALAN PENCAPAIAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH KUANTITATIF. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY "Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA".

[img]
Preview
Text
53 Tejo Nurseto, Bambang Suprayitno & Mustofa.pdf

Download (633kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk meramal probabilitas keberhasilan pencapaian hasil belajar siswa yang mempunyai latar belakang sosial ekonomi dan jenis kelamin tertentu. Parameter yang dihasilkan dapat digunakan untuk membentuk model peramalan terhadap pencapaian hasil belajar. Metode yang digunakan adalah ekonometrika dengan model probit atau sebagai salah satu model probabilitas nonlinier. Data yang dipakai adalah memakai data cross section dari siswa yang mengikuti mata kuliah Matematika Ekonomi dan Statistika Ekonomi. Semua variabel yang dimasukkan dalam model berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan mahasiswa dalam menjalani PBM mata kuliah kuantitatif. Banyaknya buku dan pekerjaan ibu berpengaruh terhadap keberhasilan tersebut namun untuk pengaruh banyaknya buku bertanda sebaliknya dengan yang diharapkan. Mahasiswa yang berjenis kelamin perempuan mempunyai tingkat keberhasilan yang lebih besar. Kemampuan dasar siswa sangatlah penting sebagai substansi yang dapat mempengaruhi keberhasilan mahasiswa. Model peramalan dengan model non linier model probit terbukti mendapatkan hasil yang lebih baik daripada model LPM karena model ini menghasilkan peramalan yang sesuai dengan batasan yang diinginkan.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 02 Jul 2015 00:47
Last Modified: 03 Jul 2015 01:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21952

Actions (login required)

View Item View Item