PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KETERAMPILAN AKUNTANSI SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI (PENELITIAN PADA SISWA KELAS XII DI SMK KOTA CIREBON)

Yana, Enceng (2015) PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KETERAMPILAN AKUNTANSI SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI (PENELITIAN PADA SISWA KELAS XII DI SMK KOTA CIREBON). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY "Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA".

[img]
Preview
Text
51 Enceng Yana.pdf

Download (279kB) | Preview

Abstract

Program pelatihan praktik kerja industri (prakerin) merupakan salah satu perwujudan link and match antara sekolah dengan Dunia Usaha/Dunia Industri. Praktik kerja industri merupakan upaya untuk memberikan kecakapan kerja dan pengalaman siswa untuk bekerja pada Dunia Usaha/Dunia Industri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK kelas XII Program Keahlian Akuntansi di Kota Cirebon Tahun Ajaran 2014/2015 sebanyak 324 siswa. Dengan rumus Yamane yang digunakan dalam pengambilan sampel, ditetapkan jumlah sampel sebanyak 76 sampel. Selanjutnya sekolah yang menjadi lokasi pengambilan data ditentukan dengan Cluster Proporsional Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan soal tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh nilai F=7,928, dengan nilai sig. 0,001 sehingga dapat disimpulkan bahwa X1 dan X2 secara bersama-sama berpengaruh secara positif terhadap Y. Sedangkan nilai R2=0,178 menunjukkan bahwa variasi variabel keterampilan akuntansi siswa (Y) dapat dijelaskan oleh praktik kerja industri (X1) dan variabel motivasi berprestasi (X2) sebesar 17,8%.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 02 Jul 2015 00:47
Last Modified: 03 Jul 2015 01:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21949

Actions (login required)

View Item View Item