PROGRAM PENDIDIKAN MENENGAH UNIVERSAL (PMU) DALAM KONSEP INOVASI PENDIDIKAN

Marliyah, Lili (2015) PROGRAM PENDIDIKAN MENENGAH UNIVERSAL (PMU) DALAM KONSEP INOVASI PENDIDIKAN. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY "Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA".

[img]
Preview
Text
49 Lili Marliyah.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

Target pembangunan pendidikan yang diarahkan untuk menghasilkan insan Indonesia cerdas. Indeks ketercapaian sektor pendidikan memprihatinkan, sehingga menuntut tanggung jawab pemerintah untuk menetapkan sebuah lompatan kebijakan bidang pendidikan yang dapat meningkatkan nation dignity melalui program PMU. Esensi program PMU adalah merupakan program keberlanjutan dari wajar 9 tahun menjadi 12 tahun dan merupakan upaya strategis dalam konsep pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan. Dalam kerangka makro kebijakan pendidikan nasional, PMU merupakan suatu lompatan kebijakan yang signifikan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, daya saing bangsa, peningkatan kehidupan sosial politik serta kesejahteraan masyarakat. Nilai keinovatifan program PMU terletak pada kekhasan dan kebaruan serta keinovatifan program PMU dapat dilihat dari unsur kualitatif, bersifat diusahakan dan memiliki unsur meningkatkan kemampuan. Karakteristik keinovatifan PMU dilihat dari unsur kompleksitas, trialability dan observabilty relatif rendah. Proses difusi dan peran agen pembaharuan program PMU masih terbatas. Dampak dari inovasi PMU adalah perubahan sosial positif maupun negatif.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 02 Jul 2015 00:47
Last Modified: 03 Jul 2015 01:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21946

Actions (login required)

View Item View Item