IMPLIKASI KURIKULUM PENDIDIKAN EKONOMI PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM MENYAMBUT ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN

Suripto, Suripto and Fatmasari, Rhini (2015) IMPLIKASI KURIKULUM PENDIDIKAN EKONOMI PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM MENYAMBUT ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY "Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA".

[img]
Preview
Text
48 Suripto & Rhini Fatmasari.pdf

Download (671kB) | Preview

Abstract

Perubahan yang terjadi secara global secara tidak langsung mempengaruhi sektor pendidikan berkaitan dengan output yang dihasilkan berupa Sumber Daya Manusia (SDM). Tuntutan dan persaingan kerja membutuhkan SDM handal dan kompeten. Berlakunya Era Masyarakat Ekonomi ASEAN perlu dicermati secara baik, karena berimplikasi pada peningkatan mutu SDM Nasional. Sebagai Lembaga Pendidikan Jarak Jauh yang menghasilkan lulusan guru-guru di seluruh Indonesia, peningkatan kualitas lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi PIPS Universitas Terbuka patut menjadi perhatian dan kajian yang sangat khusus. Agar proses peningkatan kualitas lulusan yang dapat bersaing di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN diperlukan satu potret secara umum bagaimana kualitas dan kompetensi lulusan di lapangan. Dari hasil survey yang dilakukan ditemukan bahwa para lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi telah merasakan peningkatan kompetensi yang sangat baik serta dapat diterapkan di tempat mereka bekerja. Namun pandangan jauh ke depan sangat diperlukan agar kompetensi lulusan sanggup bersaing sesuai dengan kualifikasinya.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 02 Jul 2015 00:43
Last Modified: 03 Jul 2015 01:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21942

Actions (login required)

View Item View Item