KESIAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DALAM RANGKA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Ary Wibawa, Eka and Kartowagiran, Badrun (2015) KESIAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DALAM RANGKA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY "Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA".

[img]
Preview
Text
46 Eka Ary Wibawa & Badrun Kartowagiran.pdf

Download (465kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan perangkat pembelajaran pengantar akuntansi dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model evaluasi kesenjangan. Objek penelitian ini adalah kesiapan silabus, RPP, rancangan penilaian, buku guru, buku siswa, dan persepsi siswa tentang kesiapan perangkat pembelajaran. Instrumen pengumpulan data adalah lembar penilaian, angket, dan pedoman wawancara. Validitas lembar penilaian dihitung dengan formula Aiken’s V dan reliabilitasnya dengan intra-class correlation coefficient. Validitas angket dihitung dengan analisis faktor eksploratori dan reliabilitasnya dengan rumus Alpha. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif, dan analisis multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) silabus pengantar akuntansi cukup siap, (2) RPP siap, (3) rancangan penilaian kurang siap, (4) buku guru belum siap, (5) buku siswa belum siap, dan (6) persepsi siswa mengindikasikan bahwa perangkat pembelajaran belum siap. Ada perbedaan persepsi siswa tentang kesiapan perangkat pembelajaran pengantar akuntansi. Perangkat pembelajaran pengantar akuntansi belum siap untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 02 Jul 2015 00:42
Last Modified: 03 Jul 2015 01:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21940

Actions (login required)

View Item View Item