KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PENYANDANG TUNANETRA (Studi pada Mahasiswa Tunanetra Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta)

Riska Nurwijayanti Rahma, Riska (2015) KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PENYANDANG TUNANETRA (Studi pada Mahasiswa Tunanetra Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Riska Nurwijayanti Rahma_11104241050 (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendiskripsikan kesejahteraan psikologis penyandang tunanetra dewasa awal yang tengah menempuh pendidikan tinggi di FIP UNY. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain fenomenologis. Setting penelitian dilaksanakan di FIP UNY. Subjek penelitian terdiri dari 3 orang dengan kriteria mengalami tunanetra buta total tidak sejak lahir, berusia 20-25 tahun dan merupakan mahasiswa FIP UNY serta 3 orang key informant yang merupakan sahabat dan kekasih subjek. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi metode dan sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengacu pada model interaktif Miles & Huberman yang terdiri dari empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesejahteraan psikologis pada ketiga subjek dilihat daari masing-masing dimensi yaitu: 1) penerimaan diri, ketiga subjek telah menerima kondisi ketunanetraannya 2) tujuan hidup, pemaknaan positif dari ketunanetraan yang dialami ketiga subjek menumbuhkan motivasi untuk mencapai tujuan atau cita-cita 3) pertumbuhan diri pada ketiga subjek terbentuk melalui pengembangan potensi-potensi yang dimiliki dan terbuka terhadap hal-hal baru 4) otonomi, kemandirian pada ketiga subjek terlihat dari aktivitas sehari-hari yang dilakukan secara mandiri dan pengambilan keputusan yang tidak banyak bergantung dengan orang lain 5) penguasaan lingkungan, kesulitan dalam hal mobilitas dialami oleh ketiga subjek namun tetap dilakukan upaya agar dapat menguasai lingkungan yaitu dengan cara memanfaatkan sumber-sumber peluang di lingkungan dan 6) hubungan positif dengan orang lain pada ketiga subjek terlihat dari kedekatannya dengan keluarga, teman sesama tunanetra dan teman awas. Kata kunci: kesejahteraan psikologis, mahasiswa tunanetra

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 02 Jul 2015 00:42
Last Modified: 30 Jan 2019 00:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21936

Actions (login required)

View Item View Item