PENDIDIKAN ETIKA BAGI PESERTA DIDIK MATA DIKLAT AKUNTANSI KEUANGAN DI SMK SEBAGAI MODAL BERKOMPETISI DI ERA MEA

Laoere, Iin Marlyn (2015) PENDIDIKAN ETIKA BAGI PESERTA DIDIK MATA DIKLAT AKUNTANSI KEUANGAN DI SMK SEBAGAI MODAL BERKOMPETISI DI ERA MEA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY "Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA".

[img]
Preview
Text
41 Iin Marlyn Laoere.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan mempunyai program keahlian akuntansi sebagai pencetak peserta didik yang menghasilkan calon teknisi akuntansi junior diharapkan dapat menyiapkan lulusan berkarakter, handal, dan profesional menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN, sehingga ketika mereka bekerja dalam bidangnya tidak terjerat tindak korupsi dan bentuk kecurangan lainnya. Tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk mengetahui: (1) pendidikan karakter kerja seperti apa yang perlu diberikan pada peserta didik kejuruan akuntansi, (2) seberapa penting pendidikan etika pada mata diklat akuntansi keuangan sebagai modal dasar berkompetisi di era MEA. Kesimpulannya, melalui pendidikan etika bagi peserta didik diharapkan mampu untuk meningkatkan karakter jujur, dapat dipercaya, bertanggung jawab, rasional, objektivitas, dan relevan yang harus dimiliki oleh seorang Akuntan, sehingga dapat menepis isu moral (misal; korupsi, cuci uang, dan penggelapan) yang seringkali melekat pada seorang Akuntan. Pendidikan etika pada mata diklat akuntansi telah dapat dilakukan namun perlu dilakukan pemantapan karakter melalui pendidikan etika dalam pendidikan kejuruan sebagai langkah strategis untuk menghasilkan tenaga kerja kejuruan yang beretika dan mampu bersaing.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 02 Jul 2015 00:42
Last Modified: 03 Jul 2015 01:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21934

Actions (login required)

View Item View Item