TINGKAT PEMAHAMAN SISWA TERHADAP BULLYING PADA KELAS IX SMP N 8 CILACAP

Elianor Charlos Dolok Saribu, Charlos (2015) TINGKAT PEMAHAMAN SISWA TERHADAP BULLYING PADA KELAS IX SMP N 8 CILACAP. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Elianor Charlos Dolok Saribu_09104244042.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman bullying pada siswa kelas IX SMP Negeri 8 Cilacap berdasarkan aspek terjemahan, pemaknaan, dan ekstrapolasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan dengan pendekatan survey. Populasi penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri 8 Cilacap. Penelitian menggunakan penelitian sampel dengan teknik random sampling, dari teknik sampling terebut diambil sampel sebesar 25% dari total populasi sebanyak 279 siswa, sehingga sampel sebanyak 70 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket dengan modifikasi skala likert. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman bullying pada siswa kelas IX SMP Negeri 8 Cilacap termasuk dalam kategori kurang. Hal ini dapat dibuktikan bahwa sebagian besar siswa memperoleh skor antara 80,6 sampai 103,5 dengan persentase sebesar 65,7% dan perolehan mean keseluruhan siswa adalah 94,00. Tingkat pemahaman bullying siswa masuk dalam kategori kurang paham. Hal ini berarti bahwa kualitas pemahaman siswa terhadap bullying masih kurang. Nilai tingkat pemahaman bullying tersebut, tersebar merata pada perolehan skor setiap aspek sebagian besar masuk dalam kategori kurang paham. Pada aspek terjemahan sebagian besar siswa memperoleh skor 28 sampai dengan 36, dengan persentase sebesar 58,6% siswa masuk dalam kategori kurang paham. Pada aspek pemaknaan sebagian besar siswa masuk dalam dua kategori yang mempunyai skor sama yaitu, kurang paham dan tidak paham masing-masing sebesar 44,3%, sehingga jumlah skor keduanya adalah 88,6% yang dapat diartikan bahwa tingkat pemaknaan adalah kurang paham. Pada aspek ekstrapolasi sebagian besar siswa memperoleh skor antara 24,5 sampai dengan 31,5 sebesar 54,3%. Selain itu skor rata-rata yang didapatkan siswa kelas IX SMP Negeri 8 Cilacap sebesar 94,00 artinya masuk dalam kategori kurang paham. Kata kunci: tingkat pemahaman bullying

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 02 Jul 2015 00:40
Last Modified: 30 Jan 2019 00:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21932

Actions (login required)

View Item View Item