ESTIMASI KESALAHAN PENGUKURAN PERANGKAT SOAL UJI COBA UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN EKONOMI SMA DI KABUPATEN BANJARNEGARA

Khotimah, Marjiastuti ESTIMASI KESALAHAN PENGUKURAN PERANGKAT SOAL UJI COBA UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN EKONOMI SMA DI KABUPATEN BANJARNEGARA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY "Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA".

[img]
Preview
Text
37 Khotimah Marjiastuti.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi kesalahan pengukuran perangkat soal uji coba UN mata pelajaran ekonomi SMA Tahun Ajaran 2014/2015 di Kabupaten Banjarnegara berdasarkan teori respon butir. Analisis data dilakukan berdasarkan respon peserta didik terhadap perangkat soal uji coba UN mata pelajaran ekonomi SMA tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 809 lembar yang diperoleh dari 13 SMA negeri dan swasta. Metode yang digunakan yaitu Teori Respon Butir (Item Respond Theory). Hasil analisis menunjukkan perangkat soal cocok dengan model Teori Respon Butir 1 Parameter Logistik. Berdasarkan metode tersebut, nilai estimasi kesalahan pengukuran terkecil pada soal paket 1 terjadi pada siswa dengan θ=0 dengan nilai sebesar 0,1990 sedangkan nilai estimasi terbesar terjadi pada siswa dengan θ=+3 dengan nilai sebesar 1,0320. Nilai estimasi kesalahan pengukuran terkecil pada soal paket 2 terjadi pada siswa dengan θ=0 dengan nilai sebesar 0,2005, sedangkan nilai estimasi terbesar terjadi pada siswa dengan θ=+3 dengan nilai sebesar 1,0073. Hal ini menandakan bahwa perangkat soal yang disusun oleh MGMP ekonomi lebih cocok diberikan kepada siswa dengan kemampuan sedang.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 02 Jul 2015 00:40
Last Modified: 03 Jul 2015 01:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21927

Actions (login required)

View Item View Item