PENERAPAN MODEL PAIKEM DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKTI TRANSAKSI KEUANGAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA

Bahtiar, Moh. Danang (2015) PENERAPAN MODEL PAIKEM DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKTI TRANSAKSI KEUANGAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY "Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA".

[img]
Preview
Text
34 Moh. Danang Bahtiar.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan model PAIKEM (aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan) dengan menggunakan media visual bukti transaksi keuangan dalam pembelajaran akuntansi di SMAN 1 Waru dan mengetahui aktivitas belajar siswa, keterampilan mengajar guru dan ketercapaian ketuntasan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas 4 siklus dengan subjek 39 siswa kelas XI. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa terus mengalami peningkatan yang dapat dibuktikan dengan melihat antusiasme dari para siswa dalam bertanya, memberikan pendapat dan berdiskusi. Keterampilan mengajar guru dalam pelaksanaan model PAIKEM juga meningkat disertai dengan meningkatnya ketuntasan belajar. Pada siklus pertama tingkat ketuntasan mencapai 84,61%, siklus kedua 89,74%, siklus ketiga 97,43%, dan siklus terakhir 100%.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 02 Jul 2015 00:40
Last Modified: 03 Jul 2015 01:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21922

Actions (login required)

View Item View Item