PENERAPAN PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN RESPON MAHASISWA PADA MATERI KONSEP DIRI MATA KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN

Marlena, Novi and Dwijayanti, Renny and Mustika Dewi, Retno (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN RESPON MAHASISWA PADA MATERI KONSEP DIRI MATA KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY "Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA".

[img]
Preview
Text
30 Novi Marlena, Renny Dwijayanti & Retno Mustika Dewi.pdf

Download (670kB) | Preview

Abstract

Saat Aktivitas pembelajaran di perguruan tinggi yang didominasi oleh dosen merupakan pembelajaran yang bersifat teacher oriented. Mayoritas mahasiswa cenderung pasif dan hanya mahasiswa tertentu saja yang merespon pertanyaan dosen. Hal ini merupakan indikasi bahwa mahasiswa malas untuk berpikir sebagai wujud dari tidak terbiasanya aktif dalam proses belajar mengajar dan kebiasaan selalu bergantung pada setiap materi yang disampaikan oleh dosen. Dari fenomena tersebut bisa diatasi melalui pembelajaran kooperatif yaitu dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Model pembelajaran TPS adalah model pembelajaran di mana mahasiswa dituntut lebih aktif yaitu berpikir mandiri (think), kemudian berpasangan atau berdiskusi dengan satu kelompok (pair) dan berbagi dengan semua kelompok di kelas (share). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran TPS, hasil belajar mahasiswa, dan respon mahasiswa terhadap penerapan pembelajaran TPS pada materi Konsep Diri mata kuliah Pengembangan Kepribadian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Kelas B Pendidikan Tata Niaga Angkatan 2013 Universitas Negeri Surabaya yang berjumlah 34 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah penerapan pembelajaran TPS diperoleh hasil belajar mahasiswa meningkat dengan rata-rata nilai yang diperoleh pada pre-test 59,41 pada post-test siklus I diperoleh rata-rata 70,88 (belum tuntas) dan pada post-test siklus II meningkat menjadi 78,53 (tuntas). Hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dosen, aktivitas mahasiswa, serta hasil belajar mahasiswa

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 02 Jul 2015 00:39
Last Modified: 03 Jul 2015 01:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21914

Actions (login required)

View Item View Item