PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT PEMAHAMAN SISWA DALAM PELAJARAN EKONOMI SMA PADA ERA MEA

Pramono, Widyo (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT PEMAHAMAN SISWA DALAM PELAJARAN EKONOMI SMA PADA ERA MEA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY "Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA".

[img]
Preview
Text
29 Widyo Pramono.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Di era Masyarakat Ekonomi ASEAN, guru harus dapat menciptakan pembelajaran inovatif dengan menerapkan berbagai model pembelajaran. Hal ini ditujukan agar output dari pendidikan dapat memenuhi standar kompetensi yang dibutuhkan dalam MEA tersebut. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan tingkat pemahaman siswa dalam pelajaran ekonomi adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament (TGT). Adapun tujuan pembahasan ini yaitu mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif TGT untuk meningkatkan tingkat pemahaman siswa dalam pelajaran ekonomi SMA. Dari hasil pembahasan dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif TGT dapat meningkatkan tingkat pemahaman belajar siswa dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk turut serta secara aktif dalam semua proses pembelajaran. Selain itu permainan akademik dalam TGT dengan suasana kompetitif yang positif dapat membuat siswa merasakan suasana yang lebih menyenangkan, materi yang disajikan akan lebih mudah dipahami sehingga pemahaman siswa terhadap materi ajar dapat dimaksimalkan.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 02 Jul 2015 00:39
Last Modified: 03 Jul 2015 01:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21912

Actions (login required)

View Item View Item