Arduta, Dodot (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENANGANI SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR DENGAN MENERAPKAN METODE SIMULASI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY "Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA".
|
Text
28 Dodot Arduta.pdf Download (204kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan keaktifan siswa pada kompetensi dasar menangani surat masuk dan surat keluar dengan menerapkan metode simulasi. Kompetensi dasar menangani surat masuk dan surat keluar merupakan kompetensi dasar yang menuntut guru melakukan banyak latihan dan praktik kepada siswa agar tingkat pemahaman dan penguasaan materi lebih mendalam dibandingkan hanya secara teoritis. Oleh karena itu perlu dirancang pola pembelajaran yang menitikberatkan pada keaktifan siswa, yaitu dengan menerapkan metode simulasi. Berdasarkan hasil pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pada kompetensi dasar menangani surat masuk dan surat keluar dengan menerapkan metode simulasi membuat siswa lebih aktif dan bertanggung jawab terhadap tugasnya. Dengan diterapkannya metode simulasi, siswa lebih memahami alur atau prosedur dari surat masuk dan surat keluar. Hal ini karena peserta didik tidak diajarkan hanya teori saja namun diikuti dengan praktik langsung dalam menangani surat masuk dan surat keluar sehingga berdampak pada meningkatnya keaktifan siswa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Admin Pendidikan Ekonomi FE |
Date Deposited: | 02 Jul 2015 00:39 |
Last Modified: | 03 Jul 2015 01:24 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21911 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |