PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI POKOK BAHASAN PASAR

Emanuela Ine, Maria (2015) PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI POKOK BAHASAN PASAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY "Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA".

[img]
Preview
Text
26 Maria Emanuela Ine.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Penulisan makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan scientific untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi pokok bahasan Pasar. Pendekatan scientific merupakan pendekatan dalam proses pembelajaran yang mengintegrasikan keterampilan sains yaitu mencari tahu sendiri fakta-fakta dan pengetahuan yang dikaitkan dengan materi pembelajaran. Pendekatan scientific lebih menekankan kepada peserta didik sebagai subjek belajar yang harus dilibatkan secara aktif. Kualitas pendidikan yang ada di NTT khususnya di Kabupaten Ngada, boleh dikatakan belum terlalu baik. Hal ini dapat diukur dari sarana prasarana yang masih kurang, mutu guru yang belum memadai, dan prestasi belajar siswa yang masih sangat rendah. Mutu guru erat kaitannya dengan kemampuan guru dalam memilih pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan topik yang sedang dipelajari. Kemahiran dan profesionalitas seorang guru dalam memilih dan merancang pendekatan pembelajaran diharapkan akan menghasilkan sebuah pembelajaran yang efektif dan efisien. Pendekatan scientific dinilai sangat cocok untuk diterapkan sebagai pengganti pendekatan tradisional utamanya pada pokok bahasan Pasar. Alasannya karena dalam pendekatan scientific lebih menekankan kepada peserta didik sebagai subjek belajar yang harus dilibatkan secara aktif sepanjang kegiatan pembelajaran. Siswa diarahkan agar dapat mencari tahu sendiri fakta-fakta dan pengetahuan yang terkait dengan materi pelajaran. Dengan cara demikian maka diharapkan prestasi belajar siswa akan dapat ditingkatkan pada akhirnya.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 02 Jul 2015 00:39
Last Modified: 03 Jul 2015 01:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21909

Actions (login required)

View Item View Item