PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI DIRECT INSTRUCTIONAL PADA MATAKULIAH PENGANTAR AKUNTANSI

Rohayati, Suci and Fitrayati, Dhiah (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI DIRECT INSTRUCTIONAL PADA MATAKULIAH PENGANTAR AKUNTANSI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY "Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA".

[img]
Preview
Text
23 Suci Rohayati & Dhiah Fitrayati.pdf

Download (494kB) | Preview

Abstract

Melalui kegiatan lesson study pada pembelajaran pengantar akuntansi diperoleh informasi bahwa tidak semua mahasiswa mencoba untuk mengerjakan latihan soal yang diberikan oleh dosen terlebih ketika telah terdapat mahasiswa yang bersedia untuk mengerjakan ke depan. Oleh karenanya diperlukan adanya penerapan model pembelajaran yang dapat memfasilitasi seluruh mahasiswa untuk berlatih yang disertai dengan pembimbingan yaitu model pembelajaran langsung. Penelitian dilakukan dengan mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran, pencapaian hasil belajar mahasiswa dan respon mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran langsung secara umum dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Beberapa kendala yang ada dapat diperbaiki pada putaran berikutnya. Pendekatan ini mampu meningkatkan aktivitas mahasiswa. Hasil belajar pada materi ayat Jurnal Penyesuaian dan Neraca Lajur mengalami peningkatan ketuntasan belajar klasikal dari 24,59 persen pada menjadi 86,89 persen. Respon mahasiswa terhadap pembelajaran tergolong positif.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 02 Jul 2015 00:39
Last Modified: 03 Jul 2015 01:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21906

Actions (login required)

View Item View Item