PERSEPSI SISWA TENTANG IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN STATIKA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 PENGASIH KELAS X PAKET KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN

I Wayan, Eka Widiasuta (2015) PERSEPSI SISWA TENTANG IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN STATIKA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 PENGASIH KELAS X PAKET KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (888kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pernyataan mahasiswa.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar persetujuan dosen pembimbing.pdf

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text
i-xv.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

PERSEPSI SISWA TENTANG IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN STATIKA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 PENGASIH KELAS X PAKET KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN Oleh : I Wayan Eka Widiasuta 09505244021 ABSTRAK Kemajuan teknologi tanpa diimbangi dengan moral dan etika tidak akan dapat menghasilkan bangsa yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkatan implementasi karakter kedalam mata pelajaran mekanika teknik (statika) dari 18 Grand Design karakter yang dibuat oleh Balitbang. Jenis penelitian merupakan metode survei dengan tingkat eksplanasi deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X paket keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 2 Pengasih. Sampel pada penelitian ini menggunakan semua anggota populasi sebagai sampel. Guru mata pelajaran statika sebagai subyek penelitian. Obyek pada penelitian ini adalah mata pelajaran statika. Instrumen penelitian ini menggunakan kuisioner (angket). Uji validasi dalam penelitian ini dilakukan dengan cara pengujian validitas konstruksi (construct validity) dan validasi secara empirik. Uji realibilitas menggunakan tes konsistensi internal dengan rumus Cronbach Alpha (α). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan metode angket, diperkuat dengan wawancara dan observasi. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah, empat belas karakter personal kategori sering diimplementasikan dengan frekuensi tertinggi (68,75%); karakter religius kategori selalu diimplementasikan dengan frekuensi tertinggi (62,50%); karakter bersahabat kategori selalu diimplementasikan dengan frekuensi tertinggi (59,38%); karakter disiplin kategori sering diimplementasikan dengan frekuensi tertinggi (40,63%); karakter mandiri kategori jarang diimplementasikan dengan frekuensi tertinggi (43,75%); karakter komunikatif kategori sering diimplementasikan dengan frekuensi tertinggi (46,88%); karakter kreatif kategori sering diimplementasikan dengan frekuensi tertinggi (62,50%); karakter kerja keras kategori sering diimplementasikan dengan frekuensi tertinggi (46,88%); karakter rasa ingin tahu kategori sering diimplementasikan dengan frekuensi tertinggi (40,63%); karakter tanggung jawab kategori sering diimplementasikan dengan frekuensi tertinggi (50%); karakter toleransi kategori sering diimplementasikan dengan frekuensi tertinggi (62,50%); karakter jujur kategori jarang diimplementasikan dengan frekuensi tertinggi (56,25%); karakter menghargai prestasi kategori jarang diimplementasikan dengan frekuensi tertinggi (34,38%); karakter peduli lingkungan kategori jarang diimplementasikan dengan frekuensi tertinggi (43,75%); karakter peduli sosial kategori jarang diimplementasikan dengan frekuensi tertinggi (46,89%). . Nilai karakter yang menonjol tetapi belum terimplementasikan kedalam butir karakter di RPP adalah karakter toleransi sebesar 62,50% dan karakter bersahabat sebesar 59,38%. Kata kunci: 18 Grand Design Pendidikan Karakter, Mekanika Teknik (Statika)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 29 Jun 2015 04:19
Last Modified: 30 Jan 2019 00:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21896

Actions (login required)

View Item View Item