Apris, Sarah Wijayanti (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBUAT POLA DASAR ROK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD BERBASIS MEDIA POWER POINT DI SMK PELITA BUANA BANTUL. S1 thesis, UNY.
|
Text
BAB I.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (615kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (494kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
cover.pdf Download (470kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBUAT POLA DASAR ROK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD BERBASIS MEDIA POWER POINT DI SMK PELITA BUANA BANTUL Apris Sarah Wijayanti NIM 10513244031 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan model pembelajaran tipe STAD berbasis media powerpoint dalam meningkatkan kualitas pembelajaran membuat pola dasar rok di SMK Pelita Buana Bantul, 2) seberapa besar peningkatan hasil belajar membuat pola dasar rok menggunakan model pembelajaran tipe STAD berbasis media powerpoint di SMK Pelita Buana Bantul. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif dengan desain penelitian model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur penelitian sebagai berikut: Perencanaan-Tindakan-Observasi-Refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK Pelita Buana Sewon dengan subjek penelitian adalah 16 siswa pada kelas X Busana Butik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi lembar dan dokumentasi. Uji validitas berdasarkan pendapat dari para ahli (judgement expert),seperti ahli model pembelajaran, ahli materi, ahli media dan guru mata diklat pola dasar. Hasil validasi menunjukkan bahwa model, materi dan media yang digunakan sudah layak dan instrumen dinyatakan sudah valid. Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach’s dengan nilai 0,956 untuk penilaian angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) penerapan pembelajaran membuat pola dasar rok menggunakan model pembelajaran tipe STAD berbasis media powerpoint dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan lembar observasi pelaksanaan siklus I yang mencapai 87,33% dalam kontinum sangat baik, dan pada siklus II pelaksanaan pembelajaran sudah dapat mencapai 100% dengan kontinum sangat baik. Sedangkan berdasarkan angket pendapat diketahui 7 siswa (43,75%) berada pada kategori sangat setuju, 7 siswa (43,75%) berada pada kategori setuju, dan 2 siswa (12,50%) berada pada kategori ragu-ragu; 2) peningkatan hasil belajar membuat pola dasar rok menggunakan model pembelajaran tipe STAD berbasis media powerpoint dari 16 siswa pada pra siklus siswa yang tuntas sebesar 31,25%, sedangkan pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 43,75% menjadi 75%, dan untuk menguatkan penelitian ini diadakan siklus II dengan peningkatan hasil belajar sebesar 25%, sehingga pada siklus II menjadi 100%. Kata kunci : hasil belajar, pembelajaran kooperatif tipe STAD,media powerpoint
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 29 Jun 2015 04:09 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 00:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21885 |
Actions (login required)
View Item |