IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMK MA’ARIF SALAM

Aviv, Budiman (2015) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMK MA’ARIF SALAM. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMK MA’ARIF SALAM Oleh: Aviv Budiman 08504241011 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru Produktif Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Ma’arif Salam dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 dilihat dari segi perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, dan penilaian proses pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah guru produktif Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Ma’arif Salam yang berjumlah 13 (tiga belas) orang. Penelitian ini dilakukan pada bulan maret-april 2015 di SMK Ma’arif Salam. Pengumpulan data menggunakan multi-metode yaitu angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dilakukan melalui penilaian para ahli (Judgement Expert). Data disajikan berdasarkan kesimpulan dari data hasil ketiga metode dan diinterpretasikan sesuai dengan kriteria indikator yang diukur. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 dilihat dari perencanaan proses pembelajaran masuk dalam kategori Siap (61%-80%) persentase kesiapannya sebesar 76,46%, dengan rincian persentase kesiapan: persentase kesiapan guru dalam menyusun RPP sesuai dengan kurikulum 2013 sebesar 77,30%, persentase kesiapan guru dalam menyiapkan sumber belajar sebesar 78,46%, persentase kesiapan guru dalam mengalokasikan waktu pembelajaran sebesar 76,15%, persentase kesiapan guru dalam menyiapkan media pembelajaran dan penggunaan metode pembelajaran sebesar 75,89%, serta persentase kesiapan guru perencanaan penilaian sebesar 75,69%. 2) kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 dilihat dari pelaksanaan proses pembelajaran masuk dalam kategori Siap (61%-80%) persentase kesiapannya sebesar 77,59%, dengan rincian persentase kesiapan: pelaksanaan kegiatan pendahuluan sebesar 73,46%, kegiatan inti sebesar 79,58, dan kegiatan penutup persentase kesiapannya 72,30%. 3) kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 dilihat dari penilaian proses pembelajaran masuk dalam kategori Siap (61%-80%) persentase kesiapannya sebesar 76,83, dengan rincian persentase kesiapan: persentase kesiapan guru dalam pelaksanaan kegiatan pengayaan dan remidial sebesar 74,42% serta persentase kesiapan guru dalam penggunaan metode penilaian pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 sebesar 78,97%. Kata kunci: kesiapan, implementasi, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 29 Jun 2015 03:36
Last Modified: 30 Jan 2019 00:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21882

Actions (login required)

View Item View Item