PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (PBL) DALAM MATA DIKLAT MENGGAMBAR DENGAN SISTEM CAD (COMPUTER AIDED DESIGN) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK DI JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK N 3 YOGYAKARTA

Ari, Setiawan (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (PBL) DALAM MATA DIKLAT MENGGAMBAR DENGAN SISTEM CAD (COMPUTER AIDED DESIGN) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK DI JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK N 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (723kB) | Preview

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (PBL) DALAM MATA DIKLAT MENGGAMBAR DENGAN SISTEM CAD (COMPUTER AIDED DESIGN) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK DI JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK N 3 YOGYAKARTA Oleh : Ari Setiawan 09503241006 ABSTRAK Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan kompetensi menggambar dengan sistem CAD pada penerapan model pembelajaran Project-Based Learning (PBL) bagi peserta didik kelas XI jurusan teknik pemesinan di SMK N3 Yogyakarta; (2) Mengetahui model pembelajaran Project-Based Learning (PBL) yang diterapkan pada peserta didik kelas XI jurusan teknik pemesinan SMK N3 Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan pada bulan februari 2013 hingga april di SMK N3 Yogyakarta. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI TP 3 sebanyak 27 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik penilaian yang diterapkan pada penelitian menggunakan penilaian berbasis produk dan proses yang berdasarkan dari hasil tugas proyek peserta didik. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan rata-rata nilai akhir kompetensi pada siklus I yaitu 72,81 meningkat menjadi 75,56 dan meningkat kembali menjadi 79,48. Jumlah peserta didik yang telah mencapai KKM pada tiap siklusnya juga telah mengalami peningkatan.(2) Bentuk model pembelajaran Project-Based Learning yang dilakukan pada mata diklat CAD yakni: (a) Dilakukan perencanaan proyek (b) Dilakukan pengorganisasian kelas dengan membentuk kelompok atau tim kerja sebagai wadah berdiskusi dalam merencanakan gambar. (c) Pelaksanaan tugas proyek yang bersifat individu dengan acuan hasil diskusi yang dilakukan. (d) Peserta didik melakukan penyelesaian proyek yang didukung dengan pengarahan dan pembimbingan guru. (e) Dilakukan evaluasi dan refleksi terhadap hasil pembelajaran untuk mengetahui hasil pencapain belajar peserta didik. Kata kunci : Project-Based Learning (PBL), Computer Aided Design (CAD). Kompetensi peserta didik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 29 Jun 2015 03:35
Last Modified: 30 Jan 2019 00:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21881

Actions (login required)

View Item View Item