PENGARUH MINAT DAN PENGETAHUAN DASAR PEMESINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRAKTIK PEMESINAN SISWA KELAS XII TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

IFAN, SURYA ANGGARA (2015) PENGARUH MINAT DAN PENGETAHUAN DASAR PEMESINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRAKTIK PEMESINAN SISWA KELAS XII TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (869kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Daftar Isi, Gambar, Tabel.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (5MB)

Abstract

PENGARUH MINAT DAN PENGETAHUAN DASAR PEMESINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRAKTIK PEMESINAN SISWA KELAS XII TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Oleh: IFAN SURYA ANGGARA NIM. 09503241036 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Minat terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Praktik Pemesinan Siswa Kelas XII Teknik Pemesinan SMKN 3 Yogyakarta; (2) Pengaruh Pengetahuan Dasar Pemesinan terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Praktik Pemesinan Siswa Kelas XII Teknik Pemesinan SMKN 3 Yogyakarta; (3) Pengaruh Minat dan Pengetahuan Dasar Pemesinan terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Praktik Pemesinan Siswa Kelas XII Teknik Pemesinan SMKN 3 Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post facto. Variabel dalam penelitian ini adalah Minat dan Pengetahuan Dasar Pemesinan sebagai variabel bebas serta Prestasi Belajar Mata Pelajaran Praktik Pemesinan (Y) sebagai variabel terikatnya. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Teknik Pemesinan SMKN 3 Yogyakarta sebanyak 112 siswa dan sampel sejumlah 88 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana dan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah (1) Minat berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Praktik Pemesinan yang ditunjukkan dengan nilai = 0,286 dan nilai 2,770 > 1,6628, koefisien determinasi = 0,082 yang artinya sebesar 8,2% variabel ini mempengaruhi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Praktik Pemesinan, (2) Pengetahuan Dasar Pemesinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Praktik Pemesinan yang ditunjukkan dengan nilai = 0,482 dan nilai 5,083 > 1,6628, koefisien determinasi = 0,231 yang artinya sebesar 23,1% variabel ini mempengaruhi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Praktik Pemesinan, (3) Minat dan Pengetahuan Dasar Pemesinan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Praktik Pemesinan yang ditunjukkan dengan nilai = 0,507, dan nilai 14,733 > 3,11, koefisien determinasi = 0,257 yang artinya sebesar 25,7% kedua variabel ini secara bersama-sama mempengaruhi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Praktik Pemesinan. Kata Kunci: Minat, Pemesinan, Prestasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 29 Jun 2015 03:14
Last Modified: 30 Jan 2019 00:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21863

Actions (login required)

View Item View Item