KESESUAIAN METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK 5M UNTUK PENDIDIKAN KEWARGANEGARAN SMP 1 GIRIMARTO WONOGIRI

Kusuma, Ardy (2015) KESESUAIAN METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK 5M UNTUK PENDIDIKAN KEWARGANEGARAN SMP 1 GIRIMARTO WONOGIRI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
skripsi.swf - Accepted Version

Download (3MB)
Official URL: http://library.fis.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian metode Pembelajaran Snowball Throwing dengan pendekatan saintifik 5M (Mengamati; Menanya; Menyoba; Menalar; dan Mengkomunikasikan) untuk Pendidikan Kewarganeraan di kelas VIII SMP N 1 Girimarto Wonogiri. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kendala dan upaya mengatasinya dalam Menerapkan metode pembelajaran snowball throwing dengan pendekatan saintifik 5M untuk pendidikan kewarganeraan di kelas VIII SMP N 1 Girimarto Wonogiri beserta solusinya. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Girimarto bulan Januari sampai Maret 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru PKn dan siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik induktif yang bermula dari keadaan umum menjadi keadaan khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode Snowball Throwing sesuai dengan pedekatan saintifik 5M dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. (2) Hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP N 1 Girimarto dengan Pendekatan Saintifik dengan metode Snowball Throwing adalah suasana yang kurang kondusif dan keterbatasan waktu. (3) Upaya untuk mengatasi hambatan dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP N 1 Girimarto dengan Pendekatan Saintifik dengan metode Snowball Throwing adalah dengan cara selalu memberikan pertanyaan kepada siswa yang ramai dikelas, sehingga siswa tidak akan ramai dan akan menciptakan komunikasi yang baik antara guru dan siswa. Kendala waktu, solusinya yaitu guru harus bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.. . Kata kunci: Pendekatan saintifik, Metode Snowball Throwing, Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 29 Jun 2015 02:51
Last Modified: 30 Jan 2019 00:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21855

Actions (login required)

View Item View Item