PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA GOLONGAN SIAGA KELAS I DAN II BERBASIS SYARAT KECAKAPAN UMUM (SKU) DI SD NEGERI SERAYU KOTA YOGYAKARTA

Dewi, Lu’lu’ Olivia Ningrum Kusuma (2015) PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA GOLONGAN SIAGA KELAS I DAN II BERBASIS SYARAT KECAKAPAN UMUM (SKU) DI SD NEGERI SERAYU KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Lu'lu' Olivia_11108241061_PGSD.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan program, pelaksanaan program, dan evaluasi program ekstrakurikuler Pramuka, serta untuk mengetahui cara pengujian SKU golongan Siaga untuk kelas I dan II di SD Negeri Serayu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti itu sendiri yang dalam pelaksanaannya menggunakan alat bantu berupa pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis Miles and Huberman yang terdiri dari data reduction, data display, dan conclusion drawing. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program dibuat dengan memerhatikan SKU Siaga Mula dan kebutuhan gugusdepan serta melibatkan banyak pihak, tetapi administrasi kurang lengkap. Pelaksanaan program dibagi menjadi dua kegiatan, yaitu latihan rutin dan Wisata Siaga. Di dalam latihan rutin sudah diberikan materi sesuai SKU dan terdapat kegiatan Wisata Siaga yang diintegrasikan dengan pembelajaran tematik di kelas. Namun, waktu latihan rutin kurang efektif. Sedangkan evaluasi program dilaksanakan dengan evaluasi tertulis dan rekapitulasi presensi, tetapi belum ada evaluasi terhadap sikap Siaga. Ujian SKU dapat dilakukan secara perorangan kepada Yanda/Bunda atau orang yang ahli di bidangnya, tetapi belum semua Siaga kelas I dan II melakukan ujian SKU. Kata kunci: ekstrakurikuler Pramuka, Siaga, Syarat Kecakapan Umum (SKU)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 Jun 2015 08:11
Last Modified: 30 Jan 2019 00:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21851

Actions (login required)

View Item View Item