ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN STATIKA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SISWA SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Ricko, Wisudawan (2015) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN STATIKA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SISWA SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover, Abstrak, & Daftas isi.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Juarnal Skripsi.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Persentasi Ujian.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Sampul CD.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover, Abstrak, & Daftas isi.pdf

Download (350kB) | Preview

Abstract

ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN STATIKA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SISWA SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA Oleh: Ricko Wisudawan 08505241012 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar mata pelajaran Statika Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Sampel peneltian ini adalah 48 siswa yang diambil dari populasi siswa kelas XI dan XII pada Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan yang berjumlah 53 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan proportional sampling. Besarnya sampel ditentukan dengan menggunakan Tabel Krecjie yang mempunyai taraf kepercayaan 95%. Teknik pengambilan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Uji Validasi dengan mengkonsultasikan dengan ahli yaitu dosen, sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan teknik belah dua dari Spearman Brown (splits half). Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil peneitian ini menunjukkan bahwa: (1) Siswa mengalami kesulitan belajar statika yang disebabkan oleh faktor internal, faktor eksternal, dan proses pembelajaran; (2) Siswa memiliki kecenderungan menglami kesulitan belajar statika yang disebabkan oleh faktor fisik pada kategori cukup sulit dengan skor total rata-rata sebesar 72,22; (3) Siswa memiliki kecenderungan menglami kesulitan belajar statika yang disebabkan oleh faktor psikologis pada kategori cukup sulit dengan skor total rata-rata sebesar 66,67; (4) Siswa memiliki kecenderungan menglami kesulitan belajar statika yang disebabkan oleh faktor lingkungan keluarga pada kategori cukup sulit dengan skor total rata-rata sebesar 72,22; (5) Siswa memiliki kecenderungan menglami kesulitan belajar statika yang disebabkan oleh faktor lingkungan sekolah pada kategori cukup sulit dengan skor total rata-rata sebesar 63,89; (6) Siswa memiliki kecenderungan menglami kesulitan belajar statika yang disebabkan oleh faktor lingkungan masyarakat pada kategori cukup sulit dengan skor total rata-rata sebesar 58,33 ; (7) Siswa memiliki kecenderungan menglami kesulitan belajar statika yang disebabkan oleh faktor perencanaan pembelajaran pada kategori cukup sulit dengan skor total rata-rata sebesar 70,83; (8) Siswa memiliki kecenderungan menglami kesulitan belajar statika yang disebabkan oleh faktor pelaksanaan pembelajaran pada kategori cukup sulit dengan skor total rata-rata sebesar 69,44; (9) Siswa memiliki kecenderungan menglami kesulitan belajar statika yang disebabkan oleh faktor penilaian pembelajaran pada kategori cukup sulit dengan skor total rata-rata sebesar 66,67. Kata kunci: kesulitan belajar, statika, teknik gambar bangunan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 29 Jun 2015 02:37
Last Modified: 30 Jan 2019 00:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21845

Actions (login required)

View Item View Item