Perbedaan metode pembelajaran kooperatif teknik talking chips dengan metode diskusi pada hasil belajar siswa mata pelajaran PKn di SMP Negeri 5 Wates

Faradiba, Deby Gemysa (2015) Perbedaan metode pembelajaran kooperatif teknik talking chips dengan metode diskusi pada hasil belajar siswa mata pelajaran PKn di SMP Negeri 5 Wates. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi 11401241031.swf - Accepted Version

Download (3MB)
Official URL: http://library.fis.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan metode pembelajaran kooperatif teknik Talking Chips dengan metode diskusi pada hasil belajar siswa mata pelajaran PKn di SMP Negeri 5 Wates. Hasil belajar siswa dibatasi hanya pada pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan (ranah kognitif). Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Wates yang berjumlah 160 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan cara pengundian. Dari hasil undian diperoleh kelas VII B sebagai kelas eksperimen berjumlah 32 siswa dan kelas VII D sebagai kelas kontrol berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar. Uji validitas instrumen soal hasil belajar dilakukan dengan uji validitas isi dan validitas empirik. Uji validitas isi dilakukan oleh expert judgment yaitu guru PKn kelas VII SMP Negeri 5 Wates. Sedangkan uji validitas empirik dilakukan dengan analisis butir soal dengan Microsoft Excel 2007 diperoleh 25 butir soal yang valid dari 30 butir soal pilihan ganda. Kemudian 25 butir soal yang valid digunakan untuk mengukur tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dianalisis menggunakan uji independent sample t-test (uji-t). Hasil penelitian ini adalah ada perbedaan antara metode pembelajaran kooperatif teknik Talking Chips dengan metode diskusi pada hasil belajar siswa mata pelajaran PKn di SMP Negeri 5 Wates. Hal ini ditunjukkan dengan uji statistik nilai thitung lebih besar daripada ttabel (thitung : 11,087 > ttabel : 2,000) dengan df 62 pada taraf signifikansi 5% dan nilai signifikansi (p) = 0,000 ˂ 0,05. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Talking Chips, Metode Diskusi, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 29 Jun 2015 02:35
Last Modified: 30 Jan 2019 00:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21844

Actions (login required)

View Item View Item