PENGARUH PENGGUNAAN JOBSHEET DAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBUAT SAKU PASSEPOILLE DI SMK NEGERI 3 KLATEN

Wafi’ah, Yuniarti (2015) PENGARUH PENGGUNAAN JOBSHEET DAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBUAT SAKU PASSEPOILLE DI SMK NEGERI 3 KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DAN HALAMAN ROMAWI.pdf

Download (866kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DAN HALAMAN ROMAWI.pdf

Download (866kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN JOBSHEET DAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBUAT SAKU PASSEPOILLE DI SMK NEGERI 3 KLATEN Oleh: Wafi’ah Yuniarti NIM.10513241038 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pencapaian kompetensi membuat saku passepoille sebelum menggunakan jobsheet dan metode STAD 2) pencapaian kompetensi membuat saku passepoille sesudah menggunakan jobsheet dan metode STAD 3) pengaruh penggunaan jobsheet dan metode STAD terhadap pencapaan kompetensi membuat saku passepoille di SMK Negeri 3 Klaten. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X tata busana sebanyak 76 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive diperoleh sampel sebanyak 25 siswa kelas X busana 2. Teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif, observasi sikap, dan penilaian unjuk kerja. Uji validitas instrumen menggunakan validitas internal dan validitas eksternal. Reliabilitas instrumen lembar tes menggunakan rumus KR-20, lembar observasi sikap menggunakan rumus Alpha Cronbach dan penilaian unjuk kerja menggunakan inter-rater-agreement. Uji normalitas data menggunakan rumus Kolmogorov-Smirnov. Uji homogenitas menggunakan uji F.Teknik analisis data menggunakan uji t . Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa:1) pencapaian kompetensi membuat saku passepoille sebelum menggunakan jobsheet dan metode STAD yaitu 76% siswa dalam kategori tuntas, 2) pencapaian kompetensi membuat saku passepoille setelah menggunakan jobsheet dan metode STAD yaitu 100% siswa dalam kategori tuntas, 3) terdapat pengaruh penggunaan jobsheet dan metode STAD terhadap pencapaian kompetensi membuat saku passepoille kelas X busana 2 SMK Negeri 3 Klaten, hal ini ditunjukkan dengan besarnya rata-rata nilai pretest 75,88 dan rata-rata nilai posttest 83,92, juga pada hasil uji-t menunjukkan bahwa =13,460> =2,064. Kata kunci : jobsheet, saku passepoille, Student Team Achievement Division

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 29 Jun 2015 02:17
Last Modified: 30 Jan 2019 00:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21826

Actions (login required)

View Item View Item