Yulianti, Yulianti (2015) GAME EDUKASI TEBAK GAMBAR LINGKUNGAN KERJA MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0 DENGAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS6 DI SMK NEGERI 2 MAGELANG. S1 thesis, UNY.
|
Text
Yulianti 10520244037.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
GAME EDUKASI TEBAK GAMBAR LINGKUNGAN KERJA MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0 DENGAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS6 DI SMK NEGERI 2 MAGELANG Oleh : Yulianti NIM 10520244037 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan game edukasi tebak gambar untuk membantu mengenalkan lingkungan kerja Microsoft Visual Basic 6.0 pada mata pelajaran Pemrograman Visual kelas X Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 2 Magelang, (2) mengetahui tingkat kelayakan game edukasi tebak gambar dalam mengenalkan lingkungan kerja Microsoft Visual Basic 6.0 pada mata pelajaran Pemrograman Visual kelas X Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 2 Magelang, dan (3) mengetahui hasil belajar peserta didik kelas X Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 2 Magelang pada mata pelajaran Pemrograman Visual setelah menggunakan game edukasi tebak gambar lingkungan kerja Microsoft Visual Basic 6.0. Model penelitian dan pengembangan mengadopsi Alessi dan Trollip (2001) dengan 3 tahapan utama yaitu perencanaan, desain, dan pengembangan. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 2 Magelang sebanyak 34 anak. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan pemberian angket. Selain itu untuk mengetahui hasil belajar peserta didik menggunakan tes berupa soal pilihan ganda. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Game edukasi yang dihasilkan adalah tebak gambar lingkungan kerja Microsoft Visual Basic 6.0. Game tersebut terdiri dari 4 level dengan materi pokok untuk level 1 mengenai seputar bagian utama, level 2 mengenai jendela toolbox, level 3 mengenai main toolbar, serta level 4 mengenai tombol perintah lainnya dalam Microsoft Visual Basic 6.0. Game edukasi yang dihasilkan layak digunakan ditunjukkan dengan hasil uji alpha dari ahli media sebesar 4.49 dan ahli materi sebesar 4.46. Kemudian uji beta oleh pengguna sebesar 4.22. Selanjutnya untuk hasil belajar peserta didik kelas X Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 2 Magelang pada mata pelajaran Pemrograman Visual rata-rata nilainya mengalami peningkatan yaitu dari hanya 40.24 saat pretest menjadi 82.24 saat posttest. Kata kunci : game edukasi, tebak gambar, Visual Basic, pengembangan, kelayakan, hasil belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 29 Jun 2015 01:47 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 00:15 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21800 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |