“Fenomena Pengobatan Tradisional Air Doa” (Studi pada Praktik Pengobatan Tradisional H. Evi Abdul Rahman Shaleh di Dusun Mekarsari, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo)

Fitriyani, Aisyah Nur (2014) “Fenomena Pengobatan Tradisional Air Doa” (Studi pada Praktik Pengobatan Tradisional H. Evi Abdul Rahman Shaleh di Dusun Mekarsari, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
1. Halaman Depan.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Lampiran.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Ringkasan.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemunculan dan popularitas serta bentuk kepercayaan pasien terhadap pengobatan tradisional air doa H. Evi Abdul Rahman Shaleh yang terdapat di Dusun Mekarsari, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Validitas data pada penelitian ini menggunakan tiga cara yakni triangulasi sumber, diskusi dengan expert (ahli) dan peer group disscusion. Teknik pengumpulan data menggunakan konsep analisis data interaktif Milles dan Huberman dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, sampai dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengobatan tradisional air doa H. Evi Abdul Rahman Shaleh muncul sebagai suatu fenomena pengobatan alternatif dan sudah sejak lama muncul dalam masyarakat. Dalam mempopulerkan atau mengenalkan kepada masyarakat, pengobatan tradisional air doa H. Evi Abdul Rahman Shaleh menggunakan para pasien sebagai media promotornya atau disebut dengan teknik mulut ke mulut. Keahlian yang dimiliki oleh H. Evi Abdul Rahman Shaleh dalam mengobati berbagai macam penyakit dengan menggunakan air doa didapatkannya melalui keturunan serta proses belajar. Pengobatan air doa ini berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit medis maupun penyakit non medis serta berbagai kepentingan atau keperluan yang samasakali tidak ada kaitannya dengan penyakit (diluar penyakit). Motivasi dan tujuan pasien yang datang ke tempat pengobatan tradisional air doa ini sangatlah beragam, berbeda-beda satu sama lain. Proses pembentukan kepercayaan pasien terhadap pengobatan air doa ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Selain sugesti yang kuat yang terdapat pada diri masing-masing pasien, faktor lain yang juga berpengaruh kuat terhadap proses pembentukan kepercayaan pasien terhadap pengobatan air doa ialah informasi atau ajakan dari orang lain, popularitas pengobatan tradisional air doa itu sendiri, unsur spiritual yang terkandung dalam pengobatan tradisional air doa dan pengalaman orang-orang yang sebelumnya pernah membuktikan khasiat atau manfaat dari pengobatan tradisional air doa H. Evi Abdul Rahman Shaleh ini. Kata Kunci : pengobatan tradisional, air doa, kepercayaan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 29 Jun 2015 08:03
Last Modified: 30 Jan 2019 00:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21787

Actions (login required)

View Item View Item