Eksistensi P3SY (Perhimpunan Perempuan Pekerja Seks Yogyakarta) Sebagai Organisasi Pengelola Komunitas Perempuan Pekerja Seks Di Yogyakarta

Kristianingsih, Desi (2015) Eksistensi P3SY (Perhimpunan Perempuan Pekerja Seks Yogyakarta) Sebagai Organisasi Pengelola Komunitas Perempuan Pekerja Seks Di Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI FULL DESI 11413244032.swf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (42MB)

Abstract

Pelacuran adalah salah satu bentuk perilaku sosial, yang menyimpang yang ada dalam masyarakat. Untuk memudarkan predikat menyimpang, komunitas perempuan pekerja seks Yogyakarta membentuk P3SY. P3SY merupakan organisasi yang dibentuk dan digunakan sebagai media untuk meningkatkan kapasitas diri, akses pelayanan yang berkeadilan serta sebagai wadah yang menaungi komunitas pekerja seks yang ada di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data primer pengurus dan anggota P3SY serta sumber data sekunder berupa dokumen AD-ART keorganisasian P3SY serta dokumen hasil pelaksanaan kegiatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi terus terang atau tersamar, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi, serta teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode, serta menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa organisasi ini terbentuk karena kesadaran bersama dari perempuan pekerja seks untuk merubah stigma negatif masyarakat terhadap keberadaannya dalam praktik prostitusi. P3SY merupakan sebuah organisasi yang terdiri dari komunitas perempuan pekerja seks yang ada di Yogyakarta yakni, komunitas Bunga Seroja, Arum Dalu Sehat, dan Surti Berdaya. P3SY memiliki struktur kepengurusan dan anggota dari ketiga komunitas yang aktif. P3SY memiliki tiga prinsip pengelolaan organisasi berupa outreach, organize, dan assisting serta tiga program kerja utama yakni, Koperasi, Diklat, dan Community Crisis Center sebagai realisasi perjuangan pencapaian visi dan misi organisasi. P3SY melakukan upaya peningkatan kapasitas anggota serta eksistensi organisasi melalui proses pengelolaan program kerja. P3SY memberikan peran aktif pada setiap program baik di dalam maupun luar organisasi dengan melakukan kerjasama dan berbagai aksi dikancah lokal hingga internasional. Kata kunci : Organisasi, Pengelolaan, Eksistensi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 29 Jun 2015 01:19
Last Modified: 30 Jan 2019 00:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21780

Actions (login required)

View Item View Item