PERUBAHAN MATA PENCAHARIAN MASYARAKAT DI DAERAH SEKITAR PERAIRAN SUNGAI KAMPAR PASCA PEMBANGUNAN KAWASAN PERUMAHAN DI KABUPATEN PELALAWAN RIAU(Studi kasus daerah sekitar Perairan Sungai Kampar, desa Sering, Pelalawan, Riau)

N, Indra (2015) PERUBAHAN MATA PENCAHARIAN MASYARAKAT DI DAERAH SEKITAR PERAIRAN SUNGAI KAMPAR PASCA PEMBANGUNAN KAWASAN PERUMAHAN DI KABUPATEN PELALAWAN RIAU(Studi kasus daerah sekitar Perairan Sungai Kampar, desa Sering, Pelalawan, Riau). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full SOS 10413249004 Indra N.swf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Masyarakat desa Sering merupakan masyarakat yang wilayahnya berada di tepi sungai Kampar yang dipengaruhi akibat pembangunan perumahan yang jauh dari sungai, hal ini mengakibatkan masyarakat yang berada di perumahan mengubah mata pencahariannya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk, faktor penyebab dan dampak dari adanya perubahan mata pencaharian pada masyarakat desa Sering. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari masyarakat desa Sering dan tokoh masyarakat yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Untuk analisis datanya menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung perubahan mata pencaharian masyarakat desa Sering dikarenakan meningkatnya jumlah penduduk, faktor penghambat perubahan mata pencahariannya adalah lambatnya perkembangan pendidikan bagi masyarakat desa Sering dan pemikiran masyarakat yang masih tradisional. Faktor dari dalam (intern) adanya tuntutan kebutuhan hidup dan faktor dari luar (ekstern) yaitu keadaan yang berbeda dengan waktu dahulu letaknya dekat dengan sungai sedangkan sekarang jauh dari sungai. Bentuk mata pencaharian masyarakat sebelum adanya perumahan mayoritas nelayan di sungai, selain itu juga bertani, pedagang, beternak, tukang dan warung tetapi setelah perumahan dibangun mengubah mata pencaharian kebentuk baru yaitu penjual air, sopir, bengkel motor, konter pulsa dan karyawan perusahaan, selain itu ada mata pencaharian yang berubah pada bentuk yang sudah ada sebelumnya yaitu nelayan, petani, ternak, warung dan kerja serabutan. Dampak positif dari perubahan mata pencaharian ini adalah masyarakat lebih mudah memenuhi kebutuhan. Sedangkan dampak negatifnya yaitu tidak adanya peningkatan dari segi ekonomi, hanya sebagian saja yg merasakan meningkat yaitu mereka yang memiliki modal. Selain tu juga masyarakat desa Sering sudah mengenal sistem upah pada waktu membuka lahan baru yang dahulunya mereka saling bergilir membantu tanpa adanya upah menggunakan uang seperti sekarang. Kata kunci: perubahan mata pencaharian, masyarakat desa Sering, perumahan desa Sering

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 29 Jun 2015 01:13
Last Modified: 30 Jan 2019 00:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21778

Actions (login required)

View Item View Item