Fenomena Urbanisasi di Kalangan Masyarakat Desa (Studi Kasus Masyarakat Desa Tremes, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri)

Pambudi, Rian Agung (2015) Fenomena Urbanisasi di Kalangan Masyarakat Desa (Studi Kasus Masyarakat Desa Tremes, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI 11413244019.swf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan maraknya fenomena urbanisasi dan untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari fenomena urbanisasi terhadap masyarakat desa. Penelitian ini dilakukan di Desa Tremes, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Wonogiri, sebuah desa yang penduduknya banyak melakukan urbanisasi ke luar kota. Dalam memahami fenomena urbanisasi, peneliti menggunakan metode kualitatif. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling untuk memilih informan berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan peneliti yaitu masyarakat yang berurbanisasi ke luar kota, keluarga yang anggotanya berurbanisasi, dan masyarakat sekitar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Validitas dan reliabilitas data pada penelitian ini diperkuat dengan trianggulasi data. Proses analisis data menggunakan konsep analisis Miles dan Huberman yang melalui empat tahap penyusunan yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan ada beberapa faktor yang menyebabkan banyaknya urbanisasi di kalangan masyarakat Desa Tremes antara lain perekonomian di Desa Tremes kurang stabil, upah kerja di desa yang rendah, lapangan kerja di desa kurang disukai oleh kaum muda, ingin mencari pengalaman hidup yang baru dan banyak masyarakat yang tertarik kisah sukses teman atau saudara yang merantau. Selain itu, ada dampak yang ditimbulkan dengan banyaknya masyarakat Desa Tremes yang berurbanisasi. Dampak positifnya terhadap keluarga yang ditinggalkan adalah meningkatnya perekonomian keluarga, perubahan pendidikan di keluarga maupun pola pikir keluarga tersebut, sedangkan dampak negatifnya kekawatiran keluarga di desa ini seperti masalah kesehatan dan keluarganya yang berurbanisasi tidak bisa mencapai apa yang diharapkan di kota. Dampak positif terhadap masyarakat sekitar antara lain meningkatkan pembangunan di desa, mengurangi pengangguran, persaingan antar warga untuk menuju kesuksesan, masuknya budaya baru dan manfaat sosial bagi masyarakat sekitar, sedangkan dampak negatifnya antara lain minimnya tenaga produktif di desa, merubah kebiasaan masyarakat, dan masyarakat lebih bersikap individualis. Kata kunci: Fenomena, Masyarakat Desa, Urbanisasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 29 Jun 2015 00:44
Last Modified: 30 Jan 2019 00:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21767

Actions (login required)

View Item View Item