IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

Ade, Wenyta Teresia (2013) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, uny.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi aktivitas belajar siswa yang kurang optimal. Berdasarkan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran aktif Index Card Match di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 4 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini berlangsung dalam 3 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Untuk validitas data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila rata-rata persentase aktivitas belajar siswa mencapai 76%. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan:1) Realitas pembelajaran sosiologi di SMA Negeri 4 Yogyakarta masih menerapkan metode pembelajaran konvensional. 2)Penerapan metode pembelajaran aktif Index Card Match yang dikolaborasikan dengan handout dan reward dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Sosiologi di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 4 Yogyakarta. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata persentase indikator aktivitas belajar siswa setiap siklusnya. Pra tindakan rata-rata persentase indikator aktivitas belajar siswa dari data observasi adalah 42,98%. Pada siklus I mencapai 60,34%. Pada siklus II mencapai 69,98%. Pada siklus III mencapai 86,13%. Sedangkan hasil data angket siswa, pra tindakan rata-rata persentase indikator aktivitas belajar siswa adalah 44,23%. Pada siklus I mencapai 63,44%. Pada siklus II mencapai 73,17%. Pada siklus III mencapai 88,07%. Hal ini berarti bahwa rata-rata persentase indikator aktivitas belajar siswa telah mencapai angka keberhasilan tindakan yang ditetapkan bahkan melampaui 76%. 3) Kendala yang dihadapi yakni siswa cenderung ramai/gaduh didalam kelas sehingga siswa sedikit kesulitan/kebingungan dalam menemukan pasangan kartu indeks. 4) Kelebihan yang ditemukan meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 4 Yogyakarta. Metode pembelajaran aktif Index Card Match menciptakan suasana belajar lebih menyenangkan, menarik dan tidak membosankan. Siswa lebih mudah memahami dan mengingat materi pelajaran. Kata Kunci: Index Card Match, Aktivitas belajar Siswa, Pembelajaran Sosiologi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 28 Jun 2015 21:33
Last Modified: 28 Jun 2015 21:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21733

Actions (login required)

View Item View Item